Penggunaan Blended Learning tipe Flipped Classroom dengan Media Audiovisual pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis untuk menumbuhkan prestasi belajar peserta didik di MI Hidayatul Ulum Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurdiana, Ika Wahyu (2021) Penggunaan Blended Learning tipe Flipped Classroom dengan Media Audiovisual pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis untuk menumbuhkan prestasi belajar peserta didik di MI Hidayatul Ulum Krian. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Wahyu Nurdiana_F52319345.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional di MI Hidayatul Ulum Krian khususnya dalam penyampaian materi idgham dan iqlab al- quran hadis di kelas IV yang kurang maksimal hasilnya. Untuk itu, diperlukan adanya strategi baru seperti penggunaan blended learning tipe flipped classroom dengan media audiovisual untuk menumbuhkan prestasi belajar peserta didik. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah mengetahui prestasi belajar peserta didik kaitannya dengan pembelajaran al-quran hadis, mengetahui pertumbuhan prestasi belajar peserta didik terkait mapel, dan kendala serta solusi selama penggunaan metode tersebut serta mengetahui penggunaan blended learning tipe flipped classroom terkait penyampaian materi idgham dan iqlab pada pembelajaran al-quran hadis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif khususnya fenomenologi dengan instrumen berbentuk dokumentasi, wawancara dan observasi. Adapun hasil penelitiannya adalah prestasi belajar peserta didik tergolong baik oleh karena adanya faktor pendukung yang dimiliki, prestasi belajar peserta didik meningkat setelah penerapan metode tersebut, dan kendala yang dihadapi antara lain peran aktif guru yang masih kurang dan kurangnya sarana pembelajaran daring oleh peserta. Solusinya adalah guru berperan aktif dan adanya kerjasama orang tua dan guru untuk mengatasi masalah sarana pembelajaran anak. Dan penggunaan blended learning tipe flipped classroom dilakukan dengan gabungan pembelajaran online dan offline dengan media audiovisual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurdiana, Ika Wahyuikanurdiana1310@gmail.comF52319345
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiyah, Evi Fatimaturevifatimatur@uinsby.ac.id2027127301
Subjects: Motivasi Belajar
Psikologi Belajar
Pengajaran
Keywords: Blended Learning; Flipped Classroom; Audiovisual; Prestasi Belajar.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ika Wahyu Nurdiana
Date Deposited: 30 Aug 2021 13:34
Last Modified: 30 Aug 2021 13:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50048

Actions (login required)

View Item View Item