Penguatan Pendidikan Agama Islam melalui integrasi pembelajaran di madrasah dan pesantren : studi kasus di pondok pesantren Al-Ishlah Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakariyah, Anik (2021) Penguatan Pendidikan Agama Islam melalui integrasi pembelajaran di madrasah dan pesantren : studi kasus di pondok pesantren Al-Ishlah Paciran Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anik Zakariyah_F52319319.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembelajaran mata pelajaran keislaman atau biasa dikenal dengan istilah Pendidikan Agama Islam yang dipraktekkan dengan memadukan pembelajaran yang ada di madrasah dan pesantren. Mengingat pembelajaran mata pelajaran keislaman merupakan pembelajaran yang inti karena berkaitan dan berimplikasi pada kehidupan sehari-hari, sehingga perlu adanya penguatan pembelajaran di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pendukung dan proses penguatan Pendidikan Agama Islam yang dipraktekkan melalui integrasi pembelajaran di madsrasah dan pesantren Al-Ishlah. Metode yang digunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengabsahan data dilakukan dengan proses triangulasi, yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Dalam penelitian ini triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor yang melatarbelakangi adanya penguatan Pendidikan Agama Islam melalui integrasi pembelajaran di madrasah dan pesantren Al-Ishlah adalah sebagai berikut: pertama; Faktor Pemanfaatan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Pembelajaran. Kedua; Faktor kurangnya waktu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di dalam kelas dimana Pendidikan Agama Islam menjadi mata pelajaran inti dan hanya memiliki waktu 2 jam dalam satu minggu. Ketiga; Faktor persamaan materi Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran di pesantren yang menggunakan kitab-kitab Arab dengan materi Pendidikan Agama Islam yang berasal dari keputusan Kementrian Agama. 2) Pendidikan Agama Islam, dimana adanya integrasi antara model Kuliyyatul Mu’allimin al-Islamiyyah dan Kementrian Agama. Praktek pembelajarannya tergolong unik yakni: pertama; materi disusun disesuaikan dengan kebutuhan santri, keadaan lingkugan, dan materi yang dipadukan antara kurikulum KMI dan pesantren itu sendiri. Kedua; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk kurikulum pesantren menggunakan kitab berbahasa Arab dan penjelasan materi pun disampaikan menggunakan bahasa pembelajaran yakni bahasa Arab. Ketiga; untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang disampaikan menggunakan bahasa Arab, maka sesungguhnya yang dipelajari santri tidak hanya satu materi melainkan merupakan rangkaian mata pelajaran penunjang bahasa Arab seperti Nahwu, Shorof, Balaghah, Mufrodat dan lainnya. Keempat; pembagian waktu pembelajaran di kelas lebih banyak menggunakan kitab berbahasa Arab daripada buku-buku yang menggunakna bahas Indonesai dari berbagai penerbit. Model integrasi yang diterapkan yakni pembelajaran terpadu nested. Pembelajaran tersebut memadukan keterampilan-keterampilan yang berkaitan satu sama lain namun masih dalam satu bidang studi. Seperti keterampilan softskill, praktek, menterjemah dan memahami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakariyah, Anikzakariyahanik@gmail.comF52319319
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanun--2010046801
Thesis advisorMuhid, Abdul--2005027501
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Penguatan Pendidikan Agama Islam; Integrasi Pembelajaran Nested; Madrasah dan Pesantren.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anik Zakariyah
Date Deposited: 07 Sep 2021 01:32
Last Modified: 09 Sep 2021 06:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50222

Actions (login required)

View Item View Item