This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Yumanto, Mochammad Indra (2021) الصور التعليمية في سلسلة العربية بين يديك وسلسلة العربية للعالم (دراسة مقارنة). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Mochammad Indra Yumanto_F02619207.pdf Download (6MB) |
Abstract
Gambar menjadi lebih ekspresif dan ilustratif daripada kata-kata dalam linguistik. Roland Barthes (1980) mengatakan bahwa itu tidak lagi bernilai seribu kata, melainkan sejuta kata bahkan lebih. Gambar digunakan dalam buku ajar hadir sebagai bahasa lain untuk menyampaikan pendapat, gagasan, dan persepsi yang lain dalam proses pendidikan. Tesis ini bertujuan untuk menyingkap gambar pendidikan dalam buku ajar berseri “Al-Arabiyah Baina Yadaik” yang telah diterbitkan oleh lembaga Arabic For All dan buku ajar berseri “Al-Arabiyah Lil ‘Alam” yang telah diterbitkan oleh King Saud University. Adapun persoalan yang dibahas dalam tesis ini adalah 1) Bagaimana peletakkan gambar pendidikan dalam buku ajar berseri “Al-Arabiyah Baina Yadaik” dan buku ajar berseri “Al-Arabiyah Lil ‘Alam”. 2) Bagaimana Fungsi gambar pendidikan dalam buku ajar berseri “Al-Arabiyah Baina Yadaik” dan buku ajar berseri “Al-Arabiyah Lil ‘Alam”. 3) Bagaimana persamaan dan perbedaan gambar pendidikan antara buku ajar berseri “Al-Arabiyah Baina Yadaik” dan buku ajar berseri “Al-Arabiyah Lil ‘Alam”. Tesis ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Penulis menggunakan instrument pengumpulan data berupa dokumentasi dan pengamatan untuk menganalisis kedua buku ajar yang dipilih. Hasil dari tesis ini menunjukkan bahwa 1) Buku ajar berseri “Al-Arabiyah Baina Yadaik” lebih banyak memperhatikan gambar pendidikan ketimbang buku ajar berseri “Al-Arabiyah Lil ‘Alam”. 2) Fungsional “tawazun” dalam Buku ajar berseri “Al-Arabiyah Baina Yadaik” lebih memenuhi kriteria gambar pendidikan yang layak. 3) Persamaan dalam kedua buku ajar ini adalah dalam penggunaan gambar pendidikan di dalam halaman depan, percakapan, kosa kata, berbicara, membaca, dan menulis. Sedangkan perbedaannya adalah penggunaanya dalam skala tata bahasa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Buku > Buku Pelajaran Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan > Media |
||||||||||||
Keywords: | Gambar Pendidikan; Buku Ajar; Al-Arabiyah Baina Yadaik; “Al-Arabiyah Lil ‘Alam”. | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Mochammad Indra Yumanto | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2021 13:05 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Sep 2021 06:11 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50271 |
Actions (login required)
View Item |