Analisis sentimen penerimaan CPNS menggunakan metode VADER

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, Lailatul (2021) Analisis sentimen penerimaan CPNS menggunakan metode VADER. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Istiqomah_H76216039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendaftaran CPNS di Indonesia pada setiap tahunnya mengalami peningkatan. Dari hasil penerimaan pendaftaran CPNS muncul banyak opini masyarakat, mulai dari opini yang bernilai positif hingga opini yang bernilai negatif. Untuk mengutarakan opininya masyarakat Indonesia sudah terbiasa menyampaikannya melalui media sosial, salah satu yang sering digunakan adalah Twitter. Untuk mengetahui opini masyarakat tersebut diterapkannya sebuah sistem klasifikasi teks. Analisis Sentimen menggunakan 8550 data tweet yang diambil dari tahun 2018 hingga 2019 pada media sosial Twitter. Pada penelitian ini dilakukan proses pengambilan data Twitter (crawling), preprocessing data teks ,klasifikasi teks dan Evaluasi model. Untuk metode dalam klasifikasi teks menggunakan pendekatan berbasis Leksikon yaitu akan menggunakan pendekatan berbasis Dictionary (VADER), proses evaluasi menggunakan evaluating model classification (akurasi, presisi, dan recall) dilakukan secara random dan menghasilkan 83%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, Lailatullailaist07@gmail.comH76216039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolliawati, Dwidwi_roll@uinsby.ac.id2027097901
Thesis advisorKhalid, Khalidkhalid@uinsby.ac.id197906092014031002
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Komputer
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Klasifikasi; Sentimen; Penerimaan CPNS; VADER,
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Lailatul Istiqomah
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:21
Last Modified: 13 Sep 2021 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50309

Actions (login required)

View Item View Item