This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Istiqomah, Lailatul (2021) Analisis sentimen penerimaan CPNS menggunakan metode VADER. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Lailatul Istiqomah_H76216039.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pendaftaran CPNS di Indonesia pada setiap tahunnya mengalami peningkatan. Dari hasil penerimaan pendaftaran CPNS muncul banyak opini masyarakat, mulai dari opini yang bernilai positif hingga opini yang bernilai negatif. Untuk mengutarakan opininya masyarakat Indonesia sudah terbiasa menyampaikannya melalui media sosial, salah satu yang sering digunakan adalah Twitter. Untuk mengetahui opini masyarakat tersebut diterapkannya sebuah sistem klasifikasi teks. Analisis Sentimen menggunakan 8550 data tweet yang diambil dari tahun 2018 hingga 2019 pada media sosial Twitter. Pada penelitian ini dilakukan proses pengambilan data Twitter (crawling), preprocessing data teks ,klasifikasi teks dan Evaluasi model. Untuk metode dalam klasifikasi teks menggunakan pendekatan berbasis Leksikon yaitu akan menggunakan pendekatan berbasis Dictionary (VADER), proses evaluasi menggunakan evaluating model classification (akurasi, presisi, dan recall) dilakukan secara random dan menghasilkan 83%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Islam dan Ilmu Pengetahuan Komputer Teknologi > Teknologi Informasi |
||||||||||||
Keywords: | Klasifikasi; Sentimen; Penerimaan CPNS; VADER, | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi | ||||||||||||
Depositing User: | Lailatul Istiqomah | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Sep 2021 03:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Sep 2021 03:21 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50309 |
Actions (login required)
View Item |