Kegiatan pendistribusian zakat produktif pemberdayaan umkm di lazismu kabupaten gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainiyah, Ayu Rahmatul (2021) Kegiatan pendistribusian zakat produktif pemberdayaan umkm di lazismu kabupaten gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Rahmatul Ainiyah_B04217006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk kegiatan pendistribusian zakat produktif pemberdayaan UMKM di LAZISMU kabupaten Gresik dan untuk mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas dari kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menggambarkan dan meneliti secara mendalam tentang bentuk kegiatan kegiatan pendistribusian zakat produktif pemberdayaan UMKM di LAZISMU kabupaten Gresik dan faktor-faktor yang menjadi pengaruh efektivitas dari kegiatan tersebut. Kemudian, teknik pengumpulan data dilakukan dengan media wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, bentuk kegiatan pendistribusian zakat produktif pemberdayaan UMKM di LAZISMU kabupaten Gresik merupakan kegiatan yang bergerak untuk meningkatkan potensi masyarakat dalam bidang ekonomi. Dalam kegiatan tersebut tentu memiliki beberapa aturan yang harus dijalankan. Diantaranya adalah sistem pendistribusiannya, bentuk pendistribusian zakatnya, pola pendistribusiannya, kriteria golongan penerima zakat produktif hingga tahapan atau prosedure pendistribusian zakat kepada para calon penerima manfaat. Kedua, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kegiatan pendistribusian zakat produktif pemberdayaan UMKM di LAZISMU Kabupaten Gresik. Diantaranya adalah penetapan tujuan, pencarian dan pemanfaatan SDM, lingkungan prestasi, proses komunikasi, kepemimpinan dan pengambilan keputusan, serta inovasi organisasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainiyah, Ayu Rahmatulayu.rahnia@gmail.comB04217006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Ahmad Khairulahmad_khairul_hakim@yahoo.com2030127501
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Manajemen Dakwah
Amil Zakat
Keywords: Pendistribusian; Zakat Produktif.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ayu Rahmatul Ainiyah
Date Deposited: 14 Sep 2021 06:18
Last Modified: 14 Sep 2021 06:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50346

Actions (login required)

View Item View Item