Pemberdayaan karang taruna tunas muda melalui program bersih dusun dalam membentuk lingkungan bersih dan sehat di Dusun Gempol Desa Lampah Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahadatina, Dinda (2021) Pemberdayaan karang taruna tunas muda melalui program bersih dusun dalam membentuk lingkungan bersih dan sehat di Dusun Gempol Desa Lampah Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinda Sahadatina_B92217057.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemandirian & keberdayaan anggota Karang taruna Tunas Muda, masyarakat Dusun Gempol dalam upaya pelestarian lingkungan, serta menjelaskan tentang jalinan komunikasi antara masyarakat dan anggota karang taruna dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program. Untuk mendeskripsikan persoalan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian aksi dengan cara Participatory Action Research yang mana pada metode ini membutuhkan partisipasi penuh dari masyarakat atau komunitas yang berbasis dari permasalahan yang ada di masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Organisasi Karang taruna Tunas Muda mulai peka terhadap persoalan lingkungan melalui (a) kegiatan pembersihan Dusun dan penanaman pohon tabebuya di sepanjang jalan Dusun, (b) membentuk kelompok internal peduli lingkungan pada organisasi karang taruna. (2) masyarakat dan pemerintah Dusun mau melakukan aksi nyata perubahan untuk Dusun Gempol yang lebih bersih, sehat dan lestari. Upaya pengembangan diri organisasi karang taruna berdampak pada keaktifan karang taruna dalam mulai merencanakan kegiatan, melaksanakan kegiatan, hingga melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahadatina, Dindadindasahadatina@gmail.comB92217057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Abdul Mujibamujibadnan@gmail.com2007025902
Subjects: Kebersihan
Lingkungan Hidup
Pemberdayaan
Keywords: Peduli Lingkungan; Organisasi Pemuda; Lingkungan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dinda Sahadatina
Date Deposited: 16 Sep 2021 11:49
Last Modified: 16 Sep 2021 11:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50358

Actions (login required)

View Item View Item