Pengaruh penggunaan media e-Learning madrasah terhadap minat belajar siswa Kelas XII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islami, Mawarda Nurul (2021) Pengaruh penggunaan media e-Learning madrasah terhadap minat belajar siswa Kelas XII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mawarda Nurul Islami _D91217110.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui: 1) penggunaan media e-learning madrasah pada siswa kelas XII mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Gresik 2) minat belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam 3) pengaruh penggunaan media e-learning madrasah terhadap minat belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Gresik. Penelitian pada skripsi ini berjenis kuantitatif ex post facto dengan objek penelitian siswa kelas XII di MAN 1 Gresik pada tahun ajaran 2020/2021 dan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling sebagai sampel penelitian yang dipilih secara acak dengan menyebar angket berskala linkert melalui google form. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Perhitungan data dilanjutkan dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media e-learning madrasah di MAN 1 Gresik mendapatkan nilai prosentase sebesar 88% yang termasuk dalam kategori sangat baik. 2) Minat belajar siswa kelas XII pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, memperoleh skor prosentase sebaanyak 80% yang berarti minat belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang tercatat pada kategori sangat baik. 3) Pengaruh penggunaan media e-learning madrasah terhadap minat belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Gresik diperoleh dari analisis regresi linier sederhana yang mana nilai (R) diperoleh sebesar 0,760, dengan kisaran koefisisen korelasi 0,60 – 0,799. Pada taraf siginifikasi nilai Thitung > Ttabel sebesar 2,536 > 2,006 sehingga hipotesis kerja yang berbunyi penggunaan media e-learning madrasah berpengaruh kuat terhadap minat belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Gresik diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islami, Mawarda Nurulmawardahislami@gmail.comD91217110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoh, Faizinfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorMuhammad, Fahmifahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Minat Baca
Keywords: E-learning Madrasah; Minat Belajar Siswa; Sejarah Kebudayaan Islam.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mawarda Nurul Islami
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:20
Last Modified: 17 Sep 2021 02:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50362

Actions (login required)

View Item View Item