Analisis SWOT terhadap strategi pendistribusian dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) melalui program pendidikan di Lazismu kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzia, Hadaita Rahmah (2021) Analisis SWOT terhadap strategi pendistribusian dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) melalui program pendidikan di Lazismu kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hadaita Rahmah Fauzia_G05217010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan 3 teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala kantor lazismu kabupaten Mojokerto, finance administration, devisi program pemberdayaan dan mustahik penerima bantuan program pendidikan lazismu kabupaten Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendistribusian yang digunakan pihak lazismu kabupaten Mojokerto pada program pendidikan yakni : mengumpulkan hasil rekapan data mustahik yang telah di ACC, mendistribusikan dana ZIS sesuai ketentuan syariah, melakukan kerjasama dengan dikdasmen, melakukan kerjasama sinergi dengan sekolah, melakukan sinergi dengan mustahik, melaksanakan program sesuai kondisi (momentum) dan melakukan penyaluran atau pendistribusian secara bertahap. Untuk analisis SWOTnya yakni Strength : memiliki konsep dalam pengelolaan dan pendistribusian dana ZIS, Weaknesses : terbatasnya jumlah SDM sehingga tidak bisa lebih maksimal, Opportunity : memiliki stakeholder yang perduli dengan masalah pendidikan yang dihadapi orang tidak mampu, dan Threats : belum ada pengawasan untuk mustahik penerima bantuan pendidikan. Adapun saran untuk pihak lazismu kabupaten Mojokerto yakni diharapkan kedepannya dapat mendistribusikan program-program pendidikan yang masih belum dilaksanakan dan diharapkan ada pengawasan kepada para mustahik penerima agar tidak bersifat konsumtif saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzia, Hadaita Rahmahhadaitarahmahf@gmail.comG05217010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarmawan, Darmawandai.wawan@gmail.com2010048001
Subjects: Zakat
Keywords: Analisis swot; Strategi pendistribusian; ZIS; Program pendidikan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Hadaita Rahmah Fauzia
Date Deposited: 19 Sep 2021 05:05
Last Modified: 19 Sep 2021 05:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50385

Actions (login required)

View Item View Item