تحليل محتوى كتاب العربية للناشئين الجزء الأول على تأليف الشيخ دكتورمحمود إسماعيل الصيني تحت نظرية الوحدة

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Nurul Hidayati (2021) تحليل محتوى كتاب العربية للناشئين الجزء الأول على تأليف الشيخ دكتورمحمود إسماعيل الصيني تحت نظرية الوحدة. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Hidayati Fitriyah_D92217068.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka, sedangkan dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif terkait kitab tersebut, analisis tersebut dilakukan dengan langkah-langkah yaitu: 1) menggali informasi terkait kitab tersebut 2) menentukan teori sebagai pedoman analisis 3) mengkomparasikan materi buku teks dengan teori yang digunakan 4) mengklasifikasikan data berdasarkan pada kriteria yang ditentukan dalam rumusan masalah dan 5) menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kitab Bahasa Arab Linnasyiin jilid 1 ini 1) memiliki karakteristik yaitu, buku ini menggunakan bahasa Arab fusha yang mendahulukan pelajar untuk memiliki pengetahuan bahasa Arab dan terdapat berbagai gambaran tentang pengetahuan umum, selain itu kitab ini menujukkan cara dan metode paling afdhol yang digunakan dalam belajar bahasa Arab bagi selain orang Arab dan menetapkan dari segi amaliyahbersama menjaga tabiat bahasa Arab dengan kekhususannya itu. 2) tahap penajian materi dari tinjauan nadhariyah alwahdah tergolong baik, karena sesuai dengan tujuan penyusunan buku, yaitu mahir dalam 4 hal, baik menyimak, bercakap, membaca dan menulis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Nurul Hidayatihidayatifitriyah10@gmail.comD92217068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyathi, Muhammad Afifudinafifudindimyahti@uinsby.ac.id2007057901
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Subjects: Bahasa Arab
Buku
Keywords: Buku Teks; Nadhariyah Alwahdah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Hidayati Fitriyah
Date Deposited: 20 Sep 2021 02:02
Last Modified: 20 Sep 2021 02:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50391

Actions (login required)

View Item View Item