Pemberdayaan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan lestari melalui gerakan pengelolaan sampah di Dusun Tengger Desa Blongko Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safira, Eka Via (2021) Pemberdayaan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan lestari melalui gerakan pengelolaan sampah di Dusun Tengger Desa Blongko Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Via Safira_B92217058.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian menguraikan terkait upaya memecahkan persoalan sampah yang mencemari lingkungan masyarakat Dusun Tengger. Problem bermula dari kebiasaan masyarakat membuang sampah di sungai, lahan rawan longsor, area hutan, dan pekarangan. Masyarakat menginginkan adanya solusi dari permasalahan tersebut dengan adanya perubahan mainset walaupun hidup dalam keadaan serba kekurangan namun masih ada upaya untuk menangani pengelolaan sampah. Tujuan dari penelitian aksi ini yaitu untuk mengetahui kondisi lingkungan masyarakat di Dusun Tengger, menemukan strategi pemberdayaan, dan mengetahui hasil dari proses pemberdayaan yang dicapai. Pendampingan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan riset aksi partisipatoris atau biasa dikenal sebagai Participatory Ation Researh (PAR). Prosedur penelitan yang dilakukan mulai dari assessment awal, inkulturasi, menentukan agenda riset, pemetaan partisipatif, merumuskan masalah dan harapan, menyusun strategi pemberdayaan, pengorganisasian masyarakat, melancarkan aksi perubahan, hingga melaksanakan monitoring, evaluasi, dan refleksi. Strategi pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah yang ditemukan peneliti bersama masyarakat ialah (1) Pelaksanaan edukasi pengelolaan sampah (2) Pendampingan secara berkelanjutan terhadap kelompok pengelola sampah (3) Membentuk kelompok advokasi dan menginisiasi kebijakan (4) Menginisiasi pengajuan kelengkapan fasilitas pengelola sampah. Perubahan yang dihasilkan dari proses pemberdayaan tersebut adalah (1) Masyarakat memiliki pengetahuan tentang cara mengelola sampah yang tepat (2) Terbentuknya paguyuban lingkungan yang terdiri dari satgas penjemputan sampah dan kader lingkungan/ pengurus bank sampah (3) Adanya kelompok advokasi kebijakan (4) Draft usulan kebijakan dan kelengkapan sarana dan prasaran pengelolaan sampah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safira, Eka Viaviasafira261@gmail.comB92217058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Achmad Murtafiamharis05@gmail.com2004037002
Subjects: Kebersihan
Lingkungan Hidup
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; Pendampingan; dan Pengelolaan Sampah.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Eka Via Safira
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:06
Last Modified: 24 Sep 2021 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50431

Actions (login required)

View Item View Item