Analisis hukum Islam terhadap pembelian barang di E-Warong Flamboyan kelompok usaha bersama program Keluarga Harapan Bulak Banteng, Kenjeran, Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suryani, Nur Lailah (2020) Analisis hukum Islam terhadap pembelian barang di E-Warong Flamboyan kelompok usaha bersama program Keluarga Harapan Bulak Banteng, Kenjeran, Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Lailah Suryani_C92216127.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu data yang diperoleh langsung dari masyarakat melalui proses pengamatan (observasi) dan wawancara. Selanjutnya metode penelitian ini di kumpulkan dari data, sumber data, pengumpulan data, pengelolaan data serta analisis data yang bersifat factual secara sistematis dan akurat menggunakan hukum Islam yaitu teori Jual beli. Kemudian dalam praktik Jual beli terhadap pembelian barang di E-Warong tidak memiliki hak khiyar, prosedur ini tidak adanya kesesuaian yang dilakukan di E-Warong Flamboyan pada saat pengambilan sembako gratis. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa analisis hukum Islam terhadap pembelian barang di E-Warong Flamboyan Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan Bulak Banteng, Kenjeran, Surabaya merupakan transaksi Jual beli yang tidak memiliki hak khiyar karena mengharuskan warga penerima bantuan belanja dengan harga minimal RP. 5.000 di E-Warong untuk mendapatkan nomor antrian, sehingga membuat beberapa pihak yang tidak mempunyai banyak uang keberatan. Dalam hukum Islam menggunakan prosedur tersebut menyebabkan Jual beli tidak memenuhi syarat karena pihak yang terlibat dalam transaksi jual beli tidak memiliki hak khiyar. Sedangkan menurut ulama' mahzab Hanafi, berpendapat bahwa Jual beli semacam ini diperbolehkan agama karena sudah menjadi kebiasaan masyarakat. Sejalan dengan kesimpulan di atas, terdapat saran dari penulis kepada penjual E-Warong Flamboyan di Bulak Banteng sebaiknya melakukan Jual beli yang sesuai Syariat Islam dan untuk warga penerima bantuan Program Keluarga Harapan agar melakukan perjanjian kedua pihak agar saling ridho saat melakukan transaksi Jual beli, dan tidak hanya keuntungan yang diperolah, transaksi Jual beli yang dilakukan sesuai dengan Syariat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suryani, Nur Lailahnurlailasuryani17@gmail.comC92216127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSanuri, Sanurisuns_76@yahoo.com2021017603
Subjects: Jual Beli
Keywords: E-Warong Flamboyan; Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan Bulak Banteng; Jual beli; Praktik jual beli.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Laila Suryani
Date Deposited: 27 Sep 2021 10:26
Last Modified: 27 Sep 2021 10:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50472

Actions (login required)

View Item View Item