Kontribusi Komunitas Gusdurian di Pondok Ahlus Shofa Wal Wafa Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo Dalam Membangun Moderasi Beragama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damayanti, Rizma Erida (2021) Kontribusi Komunitas Gusdurian di Pondok Ahlus Shofa Wal Wafa Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo Dalam Membangun Moderasi Beragama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizma Erida Damayanti_E01217021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian ini menggambarkan sebuah fenomena bentuk kegiatan sosial berupa gerakan sosial oleh komunitas Gusdurian berdasarkan wawancara maupun observasi di Pondok Pesantren Ahlus Shofa Wal Wafa. Metode ini menjadi langkah awal bagi penyusun untuk melihat, mengamati serta menyelidiki fakta-fakta empiris yang terjadi melalui beberapa arsip serta terlibat langsung dalam kegiatan tersebut, setelah penyusun melakukan wawancara dengan pemuka agama di Pondok Pesantren Ahlus Shofa Wal Wafa maupun tokoh Gusdurian yang terlibat langsung dalam gerakan sosial tersebut. Kemudian data sekunder meliputi data-data pendukung yang berkaitan dengan pokok masalah yang diambil dari buku, ensiklopedia, majalah, jurnal, maupun berita di beberapa media sosial. Hasil penelitian menemukan bahwa komunitas Gusdurian di Pondok Pesantren Ahlus Shofa Wal Wafa Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo adalah salah satu dari jaringan civil society yang membentuk sebuah aksi sosial untuk serta meneruskan gagasan dari pemikiran Gus Dur dalam membina kerukunan antar umat beragama. Dengan demikian strategi yang dilakukan adalah membentuk sebuah pola gerakan sosial yang mengarah kepada perubahan masyarakat menuju tatanan sosial yang rukun dan mencapai titik stabilitas sosial di wilayah Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Adanya komunitas Gusdurian ini adalah sebagai implementasi bentuk upaya gerakan sosial yang mengarah pada wujud membina kebhinnekaan di dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damayanti, Rizma EridaRizmaerida@gmail.comE01217021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmuji--2027096201
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Agama
Keywords: Gusdurian; Gerakan Sosial; Pondok Ahlus Shofa Wal Wafa.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Rizma Erida Damayanti
Date Deposited: 03 Oct 2021 13:15
Last Modified: 03 Oct 2021 13:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50497

Actions (login required)

View Item View Item