Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis multiple intelligences

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Turrochmah, Latifah (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis multiple intelligences. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Latifah Turrochmah_D94214102.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manusia sebagai makhluk Allah yang paling sempurna, telah dikaruniai kecerdasan sejak dilahirkan dimana jenis kecerdasan tiap orang berbeda-beda dan harus dikembangkan serta didukung agar kecerdasan tersebut dapat berkembang secara maksimal. Salah satu cara untuk mengembangkan kecerdasan adalah melalui proses pendidikan dan pembelajaran. Oleh karena itu harus ada pembelajaran yang memperhatikan perbedaan peserta didik, khususnya perbedaan jenis kecerdasan yang dimiliki sehingga melalui pembelajaran berbasis multiple intelligences yang digagas oleh Howard Gardner, peneliti berharap dapat mengajak peserta didik untuk ikut berperan aktif dalam pembelajaran serta mengembangkan jenis kecerdasan yang mereka miliki. Dalam penelitian ini juga dilengkapi dengan deskripsi proses, nilai kevalidan serta kepraktisan pengembangan perangkat pembelajaran.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP dan LKPD yang berbasis multiple intelligences. Subjek dalam penelitian ini adalah 21 peserta didik kelas XI IPA di MA Ibnu Husain yang berperan sebagai responden yang disurvey untuk memperoleh data kecenderungan jenis kecerdasan dalam kelas tersebut. Survey dilakukan secara online menggunakan media google form, sedangkan uji coba perangkat tidak dilaksanakan dikarenakan terkendala adanya pandemi Covid-19. Data dalam penelitian ini berupa data hasil catatan lapangan, wawancara, pengisian angket, dan validasi oleh para ahli. Penelitian ini dikatakan berhasil jika perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil sebagai berikut: 1) kecenderungan jenis kecerdasan peserta didik di kelas penelitian adalah kecerdasan linguistik, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan interpersonal; 2) kevalidan RPP memperoleh rata-rata penilaian 4,00 untuk RPP 1 dan 4,01 untuk RPP 2 sehingga berada dalam kategori “sangat valid”; 3) kevalidan LKPD memperoleh rata-rata penilaian 4,08 untuk LKPD 1 dan 4,11 untuk RPP 2 sehingga berada dalam kategori “sangat valid”; 3) kepraktisan RPP memperoleh rata-rata penilaian B dan kepraktisan LKPD memperoleh rata-rata penilaian B sehingga berada dalam kategori praktis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Turrochmah, Latifahlatifahturrochmah4467@gmail.comD94214102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsby.ac.id197411042008012008
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyotuo@uinsby.ac.id198308212011011099
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Matematika Realistik
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan perangkat lunak; Matrik;multiple intelligences.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Latifah Turrochmah
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:33
Last Modified: 12 Oct 2021 03:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50618

Actions (login required)

View Item View Item