Penerapan Model UTAUT-3 dalam menganalisis adopsi teknologi E-Learning pada mahasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Rizki Puji (2021) Penerapan Model UTAUT-3 dalam menganalisis adopsi teknologi E-Learning pada mahasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizki Puji Lestari_H76217045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak signifikan dalam sistem pendidikan di dunia dengan diberhentikannya aktivitas pembelajaran tradisional dan digantikan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia, UIN Sunan Ampel Surabaya juga merasakan hal tersebut. Namun, dengan menggunakan teknologi e-learning memungkinkan perguruan tinggi untuk dapat melanjutkan proses pembelajaran melalui internet. Walaupun kebijakan tersebut semakin mendorong percepatan implementasi teknologi informasi dibidang pendidikan tetapi beberapa fakultas masih lambat dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran yang ada. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi teknologi yang merupakan komponen penting dalam keberhasilan implementasi teknologi di perguruan tinggi serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil evaluasi penerimaan teknologi yang telah dilakukan. Metode kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini dan teori UTAUT-3 digunakan sebagai rujukan model penelitian. Kuisioner disebarkan kepada 377 mahasiswa. Pengujian model dalam penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM yang dilakukan dengan software SmartPLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa Performance Expectancy, Hedonic Motivation, dan Habit mempengaruhi niat perilaku penggunaan E-Learning pada Mahasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya sedangkan Facilitating Conditions, Habit dan Behavioural Intention dapat secara langsung mempengaruhi penggunaan E-Learning.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Rizki Pujirizki.puji.lestari15@gmail.comH76217045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrozi, Yusufyusuf.amrozi@uinsby.ac.id2003077601
Thesis advisorMilad, Mohammad Khusnum.milad@uinsby.ac.id0729017902
Subjects: Adopsi
Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: UTAUT-3; Adopsi Teknologi; E-Learning; PLS-SEM.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Rizki Puji Lestari
Date Deposited: 31 Oct 2021 23:11
Last Modified: 31 Oct 2021 23:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50853

Actions (login required)

View Item View Item