Analisis strategi pendayagunaan dana zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) melalui program Bojonegoro Produktif pada masa pandemi COVID-19 : studi kasus di BAZNAS kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astutik, Dewi Puji (2021) Analisis strategi pendayagunaan dana zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) melalui program Bojonegoro Produktif pada masa pandemi COVID-19 : studi kasus di BAZNAS kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Puji Astutik_G95217029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan informan dalam penelitian ini yaitu Wakil Ketua I BAZNAS Kabupaten Bojonegoro, Pelaksana Bidang Pendistribusian Dan Pendayagunaan BAZNAS Kabupaten Bojonegoro, dan mustahik penerima program Bojonegoro Produktif.Hasil penelitian yang diperoleh adalah strategi pendayagunaan yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Bojonegoro meliputi a) memperkenalkan program Bojonegoro Produktif ke masyarakat melalui UPZ dan media sosial; b) pengajuan program Bojonegoro Produktif dilakukan oleh mustahik secara mandiri atau melalui UPZ BAZNAS Kabupaten Bojonegoro; c) pendayagunaan program Bojonegoro Produktif di bantu oleh UPZ dan relawan BAZNAS Kabupaten Bojonegoro; d) BAZNAS Kabupaten Bojonegoro melakukan monitoring dengan menggunakan protokol kesehatan; e) BAZNAS Kabupaten Bojonegoro memperketat SOP penerimaan bantuan program Bojonegoro Produktif pada masa pandemi Covid-19. Strategi pendayagunaan dana ZIS melalui program Bojonegoro Produktif pada masa pandemi Covid-19 kurang memberikan dampak bagi mustahik penerima program Bojonegoro Produktif. Perekonomian mustahik setelah menerima bantuan dapat dikatakan meningkat meskipun tidak secara signifikan. Bahkan ada beberapa mustahik yang memilih untuk tidak memanfaatkan alat bantuan yang diberikan BAZNAS Kabupaten Bojonegoro secara produktif. Selain itu, faktor lain dari penyalah gunaan alat bantuan oleh mustahik sehingga menjadi hambatan yaitu karena tidak adanya upaya dari BANZAS Kabupaten Bojonegoro memberikan pelatihan khusus sesuai dengan usaha mustahik untuk mempertahankan usaha mustahik dalam menghadapi pandemi Covid-19. Strategi pendayagunaan akan lebih baik dengan pelatihan dan pembinaan sebelum di beri alat bantuan dapat diterapkan pada proses pendayagunaan program Bojonegoro Produktif di BAZNAS Kabupaten Bojonegoro agar mustahik semakin berwawasan luas dan inovatif dalam menjalankan usahanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astutik, Dewi Pujidewi.uinsby@gmail.comG95217029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarmawan, Darmawandai.wawan@gmail.com2010048001
Subjects: Zakat
Keywords: Strategi Pendayagunaan; Pandemi Covid-19.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Dewi Astutik
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:22
Last Modified: 02 Nov 2021 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50865

Actions (login required)

View Item View Item