Analisis strategi pengembangan dana zakat, infaq dan shadaqah (ZIS) melalui program Bankziska dalam pemberdayaan UMKM: studi pada lembaga amil zakat, infaq, shadaqah Muhammadiyah Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Khalimatus (2021) Analisis strategi pengembangan dana zakat, infaq dan shadaqah (ZIS) melalui program Bankziska dalam pemberdayaan UMKM: studi pada lembaga amil zakat, infaq, shadaqah Muhammadiyah Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khalimatus Sa'diyah_G95217051.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif berpola deduktif. Penelitian kulitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang diamati. Berpola deduktif artinya, berpikir yang menerapkan hal-hal umum terlebih dahulu selanjutnya dihubungkan dengan hal￾hal khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini merupakan jawaban dari rumusan masalah. Pertama, strategi pengembangan dana ZIS yang dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah Jawa Timur yaitu Lazismu bekerjasama dengan Lembaga Keuangan Syariah (LKS) melalui konsep kolaborasi untuk kebaikan pentasharrufan dana ziska. Keuntungan yang diterima oleh program Bankzsika dari Lazismu Jawa Timur yaitu melalui perhitungan subsidi margin sebesar 1%. Kedua, hasil analisis manajemen terhadap strategi pengembangan dana ZIS dalam pemberdayaan UMKM melalui program Bankziska pada Lazismu Jawa Timur yaitu melalui beberapa tahapan diantaranya, pertama, perencanaan (planning) dari program Bankziska yaitu menolong para mitra yang menjadi korban pinjaman berbasis riba melalui pemberian pelatihan terkait packing yang menarik dan pihak lembaga secara langsung terlibat dalam pemasaran produk mitra. Kedua, pengorganisasian (organizing) pada program Bankziska dilakukan melalui penyusunan penanggung jawab, yaitu seorang relawan untuk mendampingi para mitra program Bankziska. Ketiga, dalam pelaksanaannya (actuating) program Bankziska bertindak untuk meningkatkan perekonomian dengan cara memberikanmotivasi melalui peningkatan jumlah nominal peminjaman dana. Keempat, yaitu pengawasan (controlling), dalam berjalannya program Bankziska pihak lembaga akan tetap mengawasi perkembangan hasil para mitra dibantu oleh penanggung jawab (relawan).Adapun saran peneliti bagi Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah Jawa Timur khususnya bagi program Bankziska agar kedepannya semakin lebih maksimal dalam segala kegiatan untuk menciptakan perekonomian yang jauh lebih baik. Saran bagi peneliti selanjutnya semoga penelitian ini dapat dijadikan acuan dan dapat menambah wawasan pengetahuan bagi yang membacanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Khalimatusskhalimatus2710@gmail.comG95217051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaoki, Saokisauqiamin@gmail.com2004047405
Subjects: Zakat
Keywords: Lembaga Amil Zakat (LAZ); Program Bankziska; Strategi Pengembangan Dana Zakat; Infaq; Shadaqah (ZIS).
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Khalimatus Sa'diyah
Date Deposited: 07 Nov 2021 01:36
Last Modified: 07 Nov 2021 01:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50934

Actions (login required)

View Item View Item