Implementasi media powerpoint dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia dini di RA Perwanida Ketintang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitri, Zayyana Zahrotul (2021) Implementasi media powerpoint dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia dini di RA Perwanida Ketintang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zayyana Zahrotul Fitri_D09217025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang peneliti mengambil judul skripsi “Implementasi media PowerPoint dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini di RA Perwanida Ketintang Surabaya” adalah karena adanya pembelajaran daring yang mengharuskan guru melakukan pembelajaran melalui zoom dengan menggunakan media PowerPoint sebagai bentuk kreatifitas dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media PowerPoint dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia dini di RA Perwanida Ketintang Surabaya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perkembangan aspek kognitif anak dengan menggunakan media PowerPoint. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan media PowerPoint dilakukan melalui zoom class setiap hari senin dan selasa. Guru menyiapkan PowerPoint selama seminggu sebelum PowerPoint digunakan. Guru menjelaskan materi pagi dan materi sentra menggunakan media PowerPoint. Materi pagi dalam PowerPoint berisi materi calistung dan materi sentra dalam PowerPoint berisi materi sesuai tema. Siswa diminta memperhatikan dan mendengarkan guru saat pembelajaran berlangsung. Siswa antusias dan dapat merespon guru ketika guru memberikan pertanyaan. Di akhir pembelajaran guru memberikan recalling mengenai materi yang sudah diajarkan.Perkembangan aspek kognitif siswa denga menggunakan media PowerPoint dapat dilihat dari lembar kerja siswa yang diberikan guru serta pada saat recalling. Siswa kelompok A mampu menebali huruf-huruf, menebali angka, menghitung benda, mengklasifikasikan benda sesuai jenis dan fungsinya serta mengetahui sebab akibat pada diri sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitri, Zayyana Zahrotulzayyanazf865@gmail.comD09217025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto-197311162007101001
Subjects: Pendidikan > Media
Keywords: Implementasi; Media Power Point; Aspek Kognitip.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Zayyana Zahrotul Fitri
Date Deposited: 14 Nov 2021 21:54
Last Modified: 14 Nov 2021 21:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51024

Actions (login required)

View Item View Item