Strategi penghimpunan dana dalam meningkatkan penerimaan dana ZIS di Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmadani, Ruri (2021) Strategi penghimpunan dana dalam meningkatkan penerimaan dana ZIS di Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ruri Rahmadani_C97216036.pdf

Download (4MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisa datanya yakni dekskriptif analisis. Dalam metode pengumpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara langsung kepada Kepala Bidang Penghimpunan serta staf penghimpunan di BAZNAS Provinsi Jawa Timur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penghimpunan yang digunakan oleh BAZNAS Provinsi Jawa Timur ialah direct dan indirect yang mana pada pelaksanaannya telah menerapkan fungsi manajemen POAC. Dengan menggunakan kedua strategi fundraising tersebut, BAZNAS Jawa Timur mengalami perkembangan dengan rasio penerimaan direct lebih banyak dibandingkan dengan penerimaan indirect. Pada penerimaan dana zakat selama periode 2015-2019 terjadi peningkatan yakni sebesar 26.47% sedangkan pada penerimaan dana Infak/Sedekah mengalami penurunan sebesar 0.73% disebabkan karena donatur yang berpindah untuk menunaikan zakat. Kendala penghimpunan dana di BAZNAS Jawa Timur berasal SDM di BAZNAS Jawa Timur serta kurangnya kesadaran masyarakat dalam menunaikan zakat dan mengeluarkan Infak/sedekah, kurangnya informasi serta kurangnya kepercayaan terhadap lembaga pengelola ZIS.Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan kepada BAZNAS Jawa Timur ialah untuk lebih meningkatkan penerimaan dana ZISnya melalui strategi indirect dengan meningkatkan sosialisasi serta meningkatkan aktifitas media massanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmadani, Rurirurirahmadani2313@gmail.comC97216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurlailah, Nurlailahlaila.nurlailah@gmail.com2022056201
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Zakat
Keywords: Baznas; ZIS; Zakat.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ruri Rahmadani
Date Deposited: 15 Nov 2021 11:03
Last Modified: 15 Nov 2021 11:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51036

Actions (login required)

View Item View Item