Pemberdayaan ekonomi melalui pengolahan tanaman kencur di panti Asuhan Nyai Walidah Kelurahan Dupak Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardhana, Indrawan Rochmat (2021) Pemberdayaan ekonomi melalui pengolahan tanaman kencur di panti Asuhan Nyai Walidah Kelurahan Dupak Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indrawan Rochmat Wardhana_B02216022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Panti Nyai Walidah merupakan Panti Asuhan yang dinaungi oleh organisasi masyarakat yaitu Muhammadiyah dan berada di Jalan Dupak Bandarejo Kelurahan Dupak Kecamatan Krembangan Surabaya.. Adapun panti ini memiliki aset yang variatif seperti fisik dan sumber daya manusia yang cukup. Untuk mengoptimalkan aset yang ada di panti tersebut peneliti mencoba menguatkan kapasitas yayasan tersebut melalui riset aksi dengan melakukan pemberdayaan ekonomi melalui pengolahan tanaman kencur. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melakukan pengembangan ekonomi melalui pengolahan tanaman kencur. Penelitian ini difokuskan pada santri dengan melakukan sinergi dengan pengurus panti tersebut. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan FGD (Focus Group Discussion). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan ABCD (Asset Based Community Development), pendekatan ABCD dalam penelitian ini difokuskan pada aset yang berpotensi bisa mengembangkan skill anak disabilitas di yayasan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan langkah 5-D dalam Appreciative Inquiry yakni, menemukenali aset (Discovery), membangun mimpi (Dream), merancang strategi (Design), melaksanaan aksi (Define), monitoring dan evalusi (Destiny). Analisis keberhasilan program dalam penelitian ini menggunakan tabel perubahan before after. Berlandaskan aset sumber daya manusia yang ada dan pengurus ingin mewujudkan impian untuk panti. Dari hasil pemberdayaan ini terdapat beberapa perubahan yaitu terlaksananya aktivitas pengolahan tanaman kencur menjadi jamu tradisional yang akan menjadi produk Panti Nyai Walidah dan akan dipasarkan untuk pengembangan ekonomi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardhana, Indrawan Rochmatindrawan.rochmat@gmail.comB02216022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Achmad Murtafiamharis05@gmail.com197003042007011056
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; ABCD; Pengembangan Ekonomi.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Indrawan Rochmat Wardhana Indra
Date Deposited: 15 Nov 2021 22:30
Last Modified: 15 Nov 2021 22:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51055

Actions (login required)

View Item View Item