Pengolahan kacang kedelai sebagai ekonomi kreatif di Panti Asuhan Muhammadiyah KH. Achmad Dahlan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suhro, Hanjah Aminatus (2021) Pengolahan kacang kedelai sebagai ekonomi kreatif di Panti Asuhan Muhammadiyah KH. Achmad Dahlan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanjah Aminatus Suhro_B02216018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Panti Asuhan Muhammadiyah KH. Achmad Dahlan, merupakan lembaga kesejahteraan sosial anak yang menangani pengasuhan dan pembinaan santri putra yang berada di jalan Tambak Asri Krembangan kota Surabaya. Panti Asuhan KH. Achmad Dahlan merupakan Panti yang aktif mengikuti berbagai kegiatan sosial, serta kegiatan pemberdayaan santri di berbagai kesempatan, mulai dari seminar penididkan sampai pelatihan kewirausahaan. Sangat disayangkan jika hal itu tidak diaplikasikan terhadap kehidupan sehari-hari. Pak Rahmat yang merupakan kepala panti asuhan melihat adanya potensi yang dimiliki para santri yang dapat dikembangkan menjadi langkah awal untuk menuju kesejahteraan para santri. Melalui riset aksi dengan menggunakan metode Aset Based Community Development (ABCD), mencoba untuk menguatkan kapabilitas masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghubungkan antara aset dan harapan yang diinginkan. Subjek pendampingan adalah santri di Panti Asuhan Muhammadiyah KH. Achmad Dahlan Kota Surabaya. Pendekatan ABCD ini mengutamakan aset pada masyarakat. Konsep pemberdayaan ini melihat gelas setengah terisi dan fokus pada isinya. Lokasi pada penelitian ini yaitu di Panti Asuhan Muhammadiyah KH. Achmad Dahlan Kota Surabaya. Data pada penelitian ini didapatkan dari observasi, FGD, dan wawancara. Penelitian ini memfokuskan pada aset alam yaitu kacang hijau dan keterampilan mengolahnya.Analisis keberhasilan program, pada penelitian ini menggunakan leaky bucket dan tabel perubahan. Berdasarkan data yang didapat, aset sumber daya manusia di Panti Asuhan Muhammadiyah KH. Achmad Dahlan yang baik dan memiliki keterampilan, para santri ingin mewujudkan harapannya. Dari pendampingan yang dilakukan, terdapat beberapa perubahan. Yaitu , santri di Panti Asuhan Muhammadiyah KH. Achmad Dahlan menyadari aset potensi yang dimiliki, santri tergerak untuk mengembangkan aset Panti KH. Ahcmad Dahlan, adanya inovasi aktivitas pengembangan ekonomi di Panti KH. Ahcmad Dahlan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suhro, Hanjah Aminatushanjahaminatus@gmail.comB02216018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThayib, Syarifsyarifthayib@gmail.com197011161999031001
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan ekonomi; Pengembangan aset; Peningkatan Kapabilitas.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Suhro Hanjah Aminatus
Date Deposited: 16 Nov 2021 01:42
Last Modified: 16 Nov 2021 01:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51064

Actions (login required)

View Item View Item