Pengembangan Organisasi Pendidikan: Studi multi kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Nganjuk dan Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Sukomoro Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadi, Solichul (2019) Pengembangan Organisasi Pendidikan: Studi multi kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Nganjuk dan Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Sukomoro Nganjuk. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Solichul Hadi_F0550936.pdf

Download (3MB)

Abstract

Organisasi pendidikan formal merupakan wadah kerjasama sekelompok orang di dunia pendidikan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Apabila organisasi pendidikan ingin tetap bertahan, maka perlu adanya dinamisasi sebagai bentuk penyesuaian diri terhadap lingkungan luar yang juga dinamis melalui pengembangan organisasi. Pada masing-masing tingkatan pendidikan terdapat dua status sekolah yaitu Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta yang memiliki karakteristik tersendiri dan memiliki pengelolaan organisasi yang berbeda demi memajukan sekolah yang dikelolanya. Dalam rangka mewujudkan visi dan misinya, maka berbagai hal yang berhubungan dengan pengembangan organisasi pendidikan ke depan harus senantiasa diupayakan, termasuk di antaranya melakukan diagnosa keorganisasian melalui teori dan model Weisbord. Pengembangan organisasi pendidikan dapat memunculkan perbaikan di beberapa bidang yang juga akan menimbulkan dampak terhadap organisasi maupun anggotanya. Untuk dapat menganalisis keorganisasian MTsN 4 Nganjuk dan MTs Al-Islam Sukomoro Nganjuk, maka penelitian ini mengajukan tiga rumusan masalah; (1) bagaimana kondisi keorganisasian pendidikan menggunakan diagnosis enam kotak Weisbord, (2) bagaimana model pengembangan organisasi pendidikan, dan (3) bagaimana dampak pengembangan organisasi yang dilakukan. Metode yang digunakan dalam menjawab rumusan masalah tersebut yaitu metode kualitatif pendekatan studi kasus. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan; (1) kondisi keorganisasian MTsN 4 Nganjuk dan MTs Al-Islam Sukomoro Nganjuk dapat dikatakan sudah baik, meskipun masih ada yang dinilai kurang baik, (2) upaya pengembangan organisasi MTsN 4 Nganjuk dan MTs Al- Islam Sukomoro Nganjuk dilalui melalui strategi-strategi yang digunakan,(3) pengembangan organisasi pendidikan pada MTsN 4 Nganjuk dan MTs Al- Islam Sukomoro Nganjuk memberikan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya meliputi kemajuan dalam siswa, guru, prestasi, dan aset. Dampak negatifnya meliputi pengelolaan organisasi sesuai tujuan dan penyesuaian dengan tempat organisasi bernaung. Penelitian ini memberikan implikasi teoretik bahwa masih ada variabel yang dapat didiagnosis dari suatu organisasi, yaitu etika menyangkut sikap dan perilaku dan kompetensi menyangkut keahlian maupun profesionalisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadi, Solichulolichulhadi3@gmail.comF0.55.09.36
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHilmy, Masdarmasdar.hilmy@gmail.com2002037104
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Organisasi Masyarakat
Keywords: Organisasi pendidikan; Diagnosa keorganisasian; Pengembangan organisasi; Dampak pengembangan organisasi.
Divisions: Program Doktor > Studi Islam
Depositing User: Hadi Hadi
Date Deposited: 16 Nov 2021 13:18
Last Modified: 16 Nov 2021 13:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51079

Actions (login required)

View Item View Item