Implementasi sistem Revolving Fund Models sebagai upaya pendistribusian dana Zzkat di Baznas Jatim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pricilia, Lisa Nuris (2021) Implementasi sistem Revolving Fund Models sebagai upaya pendistribusian dana Zzkat di Baznas Jatim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lisa Nuris Pricilia_G05217014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metodologi kualitatif dengan jenis penelitian studi penelitian pada objek dengan menggunakan pendekatan field riset. Pengumpulan data yang dilakukan dengan dokumentasi dan beberapa hal yang mendukung serta wawancara dengan narasumber yang terlibat yaitu Kepala Bagian Pendistribusian, Staff Pendistribusian, Staff Administrasi BAZNAS Jatim, serta 10 mustahik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem revolving fund dalam proses pendistribusian dana zakat yang dilakukan oleh BAZNAS Jatim dianggap sangat kreatif dalam mendistribusikan dana zakat produktif. Dengan adanya penerapan Sistem Revolving Fund dalam pendistribusian dana zakat dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan mustahik yang menerima. Pelaksanaan pendistribusian di BAZNAS Jatim telah sesuai dengan indikator fungsi manajemen teori POAC. dalam menjalankan program pendistribusian juga melakukan perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan dan pengawasan. Namun, indikator controlling dalam pendistribusian zakat belum terlaksana dengan maksimal .Adapun saran kepada BAZNAS Jatim agar tetap mempertahankan program yang berjalan dengan menerpakan sistem revolving fund sebagai model pendistribusian dana zakat. Sekaligus dalam hal pengawasan BAZNAS Jatim lebih mengoptimalkan upaya monitoring terhadap mustahik yang menerima bantuan modal usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pricilia, Lisa Nurislisapricillia44@gmail.comG05217014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaoki, Saokisauqiamin@gmail.com2004047405
Subjects: Manajemen
Zakat
Keywords: Sistem revolving fund models; BAZNAS; Zakat.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Lisa Pricillia Lisa pricillia
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:36
Last Modified: 19 Nov 2021 07:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51110

Actions (login required)

View Item View Item