Pengorganisasian kelompok petani dalam meningkatkan ekonomi petani melalui pemanfaatan kotoran sapi sebagai Pupuk Organik di Dusun Klanjan Desa Baureno Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Santi (2021) Pengorganisasian kelompok petani dalam meningkatkan ekonomi petani melalui pemanfaatan kotoran sapi sebagai Pupuk Organik di Dusun Klanjan Desa Baureno Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Santi Rahmawati_B02217025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dusun Klanjan merupakan dusun yang memiliki aset dan potensi. Salah satu aset yang paling menonjol di sana adalah aset manusianya, yaitu keterampilan masyarakat dalam membuat pupuk organik dari kotoran sapi, akan tetapi keterampilan tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal sehingga juga mempengaruhi tingkat perekonomian mereka. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengorganisir masyarakat khususnya para petani dan kelompok petani dalam mengembangkan program usaha pupuk organik untuk meningkatkan ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) dengan melakukan langkah 5-D yaitu menemukenali dan mengungkapkan aset atau potensi (Discovery), membangun mimpi (Dream), merancang dan menyusun strategi dari impi yang telah dibangun (Design), selanjutnya melakuakn aksi parsitispatif dari strategi yang dirancang (Define), sampai melakukan monitoring dan evaluasi (Destiny). Strategi yang dilakukan dalam mengembangkan program usaha pembuatan pupuk organik adalah dengan pembentukan kelompok usaha bersama dengan beberapa kegiatan. Adapun perubahan sosial yang terjadi setelah adanya pengorganisasian ini adalah munculnya kesadaran masyarakat bahwa mereka memiliki aset dan potensi yang harus dikembangkan untuk dijadikan sebagai peluas bisnis atau wirusaha untuk meningkatkan perekonomian mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Santisantyrhmw123@gmail.comB02217025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, Munir--2017035901
Subjects: Ekonomi
Keywords: Pengorganisasian Masyarakat; Ekonomi Kreatif; Kelompok Petani
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Santi Rahmawati
Date Deposited: 30 Nov 2021 22:46
Last Modified: 30 Nov 2021 22:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51181

Actions (login required)

View Item View Item