Analisis Diksi Ceramah Ustazdah Khasib Batunnikmah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuraini, Diana (2020) Analisis Diksi Ceramah Ustazdah Khasib Batunnikmah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diana Nur Aini_B91216083.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memperoleh data. Kemudian peneliti melakukan penelitian dengan terjun langsung mengikuti ceramah Ustadzah Khasib Batunnikmah di Pasuruan dan di beberapa tempat lain. Selain itu peneliti juga melakukan wawancara kepada Ustadzah Khasib Batunnikmah dan orang-orang terdekatnya seperti suami dan anak didiknya serta beberapa jamaah yang mengikuti ceramahnya untuk mendapaatkan data. Kemudian data tersebut di analisis menggunakan analisis model Miles dan Huberman.Hasil penelitian ini yaitu pemilihan kata atau diksi Ustadzah Khasib Batunnikmah berdasarkan syarat kesesuaian kata, ia sangat menghindari kata-kata ilmiah ketika berbicara dalam situasi umum. Berdasarkan ketepatan pemilihan kata, lebih sering menggunakan kata umum dan khusus serta kata denotasi dan konotasi. Berdasarkan kriteria pembicara yang baik, lebih dominan menggunakan kata-kata yang sederhana serta menyentuh hati khalayak umum, dan diksi berdasarkan jenis pemilihan katanya, lebih dominan menggunakan kata populer, slang dan jargon.Penelitian selanjutnya diharapkan ada penelitian lain yang fokus tentang retorika atau strategi dakwah Ustadzah Khasib Batunnikmah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuraini, Dianadiana.aini1234@gmail.comB91216083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, Abdullahfroziyas@yahoo.co.id2012066901
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah
Keywords: Diksi; Ceramah; Ustadzah Khasib Batunnikmah.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Diana Nur Aini
Date Deposited: 16 Dec 2021 09:34
Last Modified: 16 Dec 2021 09:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51319

Actions (login required)

View Item View Item