Analisis politik luar negeri Amerika Serikat terhadap Kuba pada masa Pemerintahan Presiden Donald Trump

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahdana, Talitha Aulia (2021) Analisis politik luar negeri Amerika Serikat terhadap Kuba pada masa Pemerintahan Presiden Donald Trump. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Talitha Aulia Ahdana_I02216028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Politik luar negeri yang diberlakukan oleh Amerika Serikat telah mengalami perubahan semenjak era perang dingin hingga era Presiden Donald Trump (2017-2019). Pada era Presiden Donald Trump terbentuklah National Security Presidential Memorandum-5 (NSPM-5), yang mana dalam memorandum tersebut berisi mengenai beberapa kebijakan yang tidak hanya membahas mengenai kebijakan wisata, namun juga membahas masalah ekonomi serta keamanan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe eksplanatif. Mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Marijke Breuning untuk menganalisa penelitian tersebut, terdapat tiga tahapan dalam menganalisis politik luar negeri, yaitu decision, behavior, dan outcome. Hasil dari analisis penelitian tersebut menunjukkan bahwa alasan atau faktor terbentuknya National Security Presidential Memorandum-5 karena adanya latar belakang sejarah antara Amerika Serikat dengan Kuba yang tidak harmonis sejak Perang Dingin hingga masa kepemimpinan Presiden Donald Trump, gaya kepemimpinan serta personalitas Presiden Donald Trump beserta para kabinet pemerintahannya juga mempengaruhi kebijakan yang diputuskan, serta dengan dibentuknya National Security Presidential Memorandum-5 diharapkan dapat melindungi keamanan negara Amerika Serikat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahdana, Talitha Auliatalithaahdana99@gmail.comI02216028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Moh. Fathonimfathonihakim@gmail.com2005018402
Subjects: Politik Internasional
Keywords: Amerika Serikat; Politik Luar Negeri; Kuba.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Talitha Ahdana
Date Deposited: 22 Dec 2021 07:58
Last Modified: 22 Dec 2021 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51370

Actions (login required)

View Item View Item