Analisis hukum islam terhadap praktik Akad Istisna' dalam jual beli batu di PT. Wadi al-Aini membangun kantor cabang jl. Kh. Mas Mansyur no. 96 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahira, Selma (2021) Analisis hukum islam terhadap praktik Akad Istisna' dalam jual beli batu di PT. Wadi al-Aini membangun kantor cabang jl. Kh. Mas Mansyur no. 96 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Selma Fahira_C92216200.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini terfokus pada dua pembahasan, yaitu praktik akad istisna’ dalam jual beli batu di PT. Wadi Al-Aini Membangun dan analisis hukum Islam terhadap praktik akad istisna’dalam jual beli batu di PT. Wadi Al-Aini Membangun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah wawancara dan studi dokumen. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode deskripstif kualitatif yaitu menggambarkan mendeskripsikan sebuah fenomena atau situasi serta kondisi yang diperoleh yaitu tentang praktik jual beli batu di PT. Wadi Al-Aini Membangun. Kemudian dianalisis dengan pola pikir deduktif, yaitu dengan cara mengaitkan teori serta konsep akad istisna’ dengan fakta lapangan tentang praktik akad istisna’ dalam jual beli batu di PT. Wadi Al-Aini Membangun. Hasil penelitian menyimpulkan: pertama, praktik akad istisna’dalam jual beli batu di PT. Wadi Al-Aini Membangun dilakukan dengan pembayaran secara berangsur. PT. Wadi Al-Aini membangun beberapa kali tidak melakukan pengiriman barang pesanan sesuai jenis barang yang dipesan. Kedua, praktik akad istisna’ dalam jual beli batu di PT. Wadi Al-Aini Membangun tidak relevan dengan hukum Islam dalam madzhab Syafi’i sebab terdapat sebagian rukun yang tidak terpenuhi yaitu bahwa pembayaran dalam akad ini dilakukan dengan cara bertahap yang mana harusnya modal dibayar kontan di majelis akad serta PT. Wadi Al-Aini Membangun tidak mengirimkan barang sesuai dengan yang dipesan pembeli Dari kesimpulan di atas maka penulis memberi saran kepada pihak penjual agar lebih memperhatikan segala sesuatu berkaitan dengan pesanan pembeli agar sesuai dengan kesapakatan awal dan apabila terdapat hal yang tidak sesuai kesepakatan hendaknya mengabari pembeli lebih awal agar masing-masing pihak dapat legawa dengan berjalannya akad. Selanjutnya kepada pihak pembeli agar selalu memantau proses penyediaan barang pesanannya, agar apabila terjadi ketidak tepatan pembeli dapat mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahira, Selmafahiraselma@gmail.comC92216200
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasruhan, Masruhan--2004045901
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Praktik Akad Istisna’; Jual Beli; Akad.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: selma fahira
Date Deposited: 31 Dec 2021 07:04
Last Modified: 31 Dec 2021 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51431

Actions (login required)

View Item View Item