Efektivitas penyaluran zakat produktif untuk meningkatkan kesejahteraan Mustahik: studi pada BAZNAS Kabupaten Sumenep dengan Model CIBEST

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamdi, Heny Lutfiana (2021) Efektivitas penyaluran zakat produktif untuk meningkatkan kesejahteraan Mustahik: studi pada BAZNAS Kabupaten Sumenep dengan Model CIBEST. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Heny Lutfiana Hamdi_F02419121.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian ini untuk mengukur tingkat kesejahteraan mustahik wilayah Kabupaten Sumenep dengan menggunakan model CIBEST pada pelaksanaan program penyaluran dana zakat produktif oleh BAZNAS Sumenep. Beberapa penelitian terdahulu menyatakan bahwa 80% BAZNAS Sumenep berperan efektif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumenep dari kemiskinan. Dan berdasarkan data BPS tahun 2018-2019 menunjukkan jumlah penduduk miskin di Kabupaten Sumenep terus mengalami penurunan namun pada tahun 2020 terjadi lonjakan kenaikan kemiskinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis menggunakan model CIBEST yang dikembangkan oleh Irfan Syauqi Beik dan Arsyianti (2014). Data diperoleh melalui observasi dan juga penyebaran kuesioner (angket) kepada 55 rumah tangga mustahik sebagai responden. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan sebelum dan sesudah adanya bantuan penyaluran zakat produktif dari BAZNAS Kabupaten Sumenep, meliputi program pemberdayaan UMKM, bantuan pembiayaan serta peralatan usaha. Berdasarkan perhitungan nilai indeks CIBEST pada 55 rumah tangga mustahik sebelum adanya penyaluran zakat menunjukkan bahwa 23,6% rumah tangga mustahik hidup dalam kondisi sejahtera, 74,6% dalam kondisi kemiskinan materiil, 1,8% kemiskinan spiritual dan 0% kemiskinan absolut. Sedangkan sesudah adanya penyaluran zakat produktif menunjukkan bahwa 60% rumah tangga mustahik hidup dalam kondisi sejahtera, 40% dalam kondisi kemiskinan materiil, 0% kemiskinan spiritual dan 0% kemiskinan absolut. Oleh karena itu, adanya penyaluran zakat produktif dari BAZNAS Kabupaten Sumenep efektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumenep, terutama masyarakat ekonomi lemah sehingga cukup terbantu dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga/keluarga mustahik, yaitu mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga mental spiritual masyarakat wilayah Kabupaten Sumenep.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamdi, Heny Lutfianahenylutfianahamdi96@gmail.comF02419121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@yahoo.com; sirajul.arifin@uinsby.ac.id2014057001
Thesis advisorKhotib, Khotibkhotibsholeh@gmail.com2008066902
Subjects: Zakat
Keywords: Efektivitas; Penyaluran zakat produktif; Kesejahteraan; Model CIBEST.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Heny Lutfiana Hamdi
Date Deposited: 07 Jan 2022 05:11
Last Modified: 07 Jan 2022 05:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51448

Actions (login required)

View Item View Item