Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint terhadap hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliyah, Ita Alfi (2022) Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint terhadap hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ita Alfi Amaliyah_D07217011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang rendahnya hasil belajar peserta didik kelas 2 MIN 2 Sidoarjo pada mata pelajaran Matematika yang berada dibawah rata-rata ketuntasan kriteria minimal (KKM). Media pembelajaran dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah media pembelajaran Power Point, maka dari itu dalam penelitian ini media tersebut digunakan guna meNingkatkan hasil belajar peserta didik dan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh media pembelajaran Microsoft Office Power Point terhadap hasil belajar Matematika pada peserta didik kelas II MIN 2 Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini yaitu metode eksperimen dengan desain pre experiment design. Pelaksanaan dalam penelitian ini pada kelompok eksperiment diawali dengan memberikan test atau Pre-test yang kemudian diberikan perlakuan atau eksperiment setelah itu kelompok tersebut diberikan test akhir atau post-test. Teknik analisis yang digunakan dalam uji hipotesis ini adalah menggunakan uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Power point terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas II MIN 2 Sidoarjo. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan Paired T-test mendapatkan hasil 0,000 dengan dasar pengambilan keputusan yaitu jika nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dari hasil tersebut diketahui 0,000 < 0,05 yang mana artinya H0 di tolak dan H1 diterima. Dengan demikian media power point memiliki peran yang penting dalam pencapaian hasil belajar kelas II MIN 2 Sidoarjo karena media power point merupakan salah satu faktor pendukung pencapaian hasil belajar peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliyah, Ita Alfiitaalfi290@gmail.comD07217011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Tes Belajar
Keywords: Media PowerPoin; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ita Alfi Amaliyah
Date Deposited: 24 May 2022 07:39
Last Modified: 24 May 2022 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51543

Actions (login required)

View Item View Item