Komunikasi budaya dalam Tradisi Ganjuran di Desa Dagan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro', Yuny Faridatuz (2022) Komunikasi budaya dalam Tradisi Ganjuran di Desa Dagan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuny Faridatuz Zahro'_B75218090.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas komunikasi budaya dalam tradisi Ganjuran di Desa Dagan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses komunikasi budaya dan makna simbolik komunikasi budaya dalam tradisi Ganjuran di Desa Dagan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang digunakan untuk memberikan fakta dan fenomena data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interpretatif simbolik dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa 1) proses komunikasi budaya dalam tradisi Ganjuran berupa proses komunikasi verbal, dengan menggunakan bentuk pesan berupa simbol verbal dan simbol nonverbal. 2) makna simbolik dalam tradisi Ganjuran ini yaitu: mempererat tali silaturahim, kekuasaan perempuan di bawah laki-laki, lamaran merupakan proses pengikatan, menjaga eratnya hubungan, saling memberikan manfaat, hidup untuk saling membahagiakan, saling menjaga keharmonisan, ikatan yang menyatukan dua keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro', Yuny Faridatuzyunyfaridatuzzahro@gmail.comB75218090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoefad, Agoes Moh.am.moefad@gmail.com2025087002
Subjects: Komunikasi
Budaya
Tradisi Islam
Keywords: Komunikasi Budaya; Tradisi Ganjuran; Makna Simbolik.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yuny Faridatuz Zahro'
Date Deposited: 29 Jan 2022 03:01
Last Modified: 29 Jan 2022 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51654

Actions (login required)

View Item View Item