الأفعال المزيدة ووظائفها في كتاب فيض العلام للسيد صالح بن أحمد بن سالم العيدروس (دراسة صرفية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wali, Abdul (2022) الأفعال المزيدة ووظائفها في كتاب فيض العلام للسيد صالح بن أحمد بن سالم العيدروس (دراسة صرفية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Wali_A91218080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ilmu shorof merupakan salah satu komponen penting dalam mempelajari bahasa arab, yang mana Kalimat dalam bahasa arab ada tiga bagian yaitu Isim (kata benda), Fi’il (kata kerja), dan Huruf (kata sambung). Fi’il adalah salah satu bagian yang membentuk suatu kalimat (الجملة). Oleh sebab itu dalam penelitian ini akan membahas ruang lingkup Fi’il mazid atau fi’il yang ditambahi satu huruf, dua huruf, dan tiga huruf dan fungsinya. Dan subjek yang dikaji oleh penulis yaitu kitab Faidil ‘alam karya Sayyid Sholih bin Ahmad bin Salim al-aydrus. Untuk menjawab dari permasalahan yang dialami oleh pelajar pemula penulis membahas dalam penelitian ini yaitu: pertama: apa saja bentuk-bentuk Fi’il mazid yang ada dalam kitab faidil ‘alam? Kedua, apa fungsi fi’il mazid yang ada dalam kitab faidil ‘alam?. Dan dalam penelitan ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mengumpulkan data dan mengelompokkan data kemudian menganalisisnya selanjutnya penulis mendeskripsikan data-data tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa data yang ada dalam kitab faidil ‘alam terdapat 157 fi’il Mazid dari keseluruhan hadits yang terdiri dari 40 hadits yang ada dalam kitab faidil ‘alam, diataranya fi’il mazid satu huruf ada 147 kata, fi’il mazid dua huruf ada 7 kata, dan fi’il mazid tiga huruf ada 3 kata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wali, Abdulabdulwalie01@gmail.comA91218080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKharisudin, Kharisudinkharisuddinaqib@yahoo.co.id2017076802
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Fi'il Mazid; Kitab Faidil 'alam.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Abdul Wali
Date Deposited: 31 Jan 2022 07:07
Last Modified: 31 Jan 2022 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51727

Actions (login required)

View Item View Item