Analisis hermeneutika Gadamer terhadap konsep Islam moderat KH. Hasim Muzadi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badrul, Aulia (2022) Analisis hermeneutika Gadamer terhadap konsep Islam moderat KH. Hasim Muzadi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Badrullah_E91217031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini semakin marak tindakan radikalis maupun kurang bermoral baik dalam dunia nyata maupun dunia maya, dengan demikian diperlukannya suatu penyejuk terhadap fenomena tersebut. Penelitian ini membahas mengenai konsep Islam moderat yang digagas oleh KH. Hasyim Muzadi. KH. Hasyim Muzadi berpijak pada Islam rahmatan lil ‘alamin sebagai landasan utama sekaligus teologis dalam mencetuskan konsep Islam moderat tersebut. Penelitian ini mencoba membahas mengenai konsep Islam rahmatan lil ‘alamin tersebut, sekaligus bagaimana implementasinya dalam dewasa ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dan pendekatan hermeneutika dari Hans Georg Gadamer sebagai alat analisisnya. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa setelah dianalisis dengan Fusi Horison, konsep Islam moderat dari KH. Hasyim Muzadi tersebut bisa dan harus diterapkan dalam kehidupan yang serba modern dengan menggunakan berbagai macam sosial media yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badrul, Auliabarulah3003@gmail.comE91217031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Hubungan Masyarakat
Keywords: Hermeneutika Gadamer; Islam Moderat; KH. Hasyim Muzadi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Aulia Badrullah
Date Deposited: 10 Feb 2022 15:22
Last Modified: 10 Feb 2022 15:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51747

Actions (login required)

View Item View Item