Pesan akhlak lirik lagu "Gajah" Karya Tulus: analisis semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khorida, Maulidya Nur (2021) Pesan akhlak lirik lagu "Gajah" Karya Tulus: analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulidya Nur Khorida_B91217129.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menyampaikan tentang pesan akhlak yang terkandung di dalam lirik lagu “Gajah” karya Tulus. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis pesan akhlak yang terkandung di dalam lirik lagu tersebut dengan menggunakan metode analisis teks media. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif analisis teks media milik Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan kajian pustaka.Hasil dari penelitian ini dapat diketahui jika pesan akhlak dapat disampaikan melalui berbagai macam cara salah satunya dengan lagu. Di dalam lagu “Gajah” karya Tulus terdapat pesan dakwah berupa akhlak, yaitu hubungan antara manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan diri sendiri. Hal ini dapat dilihat dari sifat toleransi dan menjaga akhlak dalam bersikap terhadap sesama manusia. Rekomendasi dalam skripsi ini agar peneliti selanjutnya dapat menjadikan salah satu referensi dan dapat meneliti analisis dari aspek progresivitas, karya seni, musik, dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khorida, Maulidya Nurmaulidyanurkhorida@gmail.comB91217129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, M. Anisanis_bachtiar@yahoo.com2019126902
Subjects: Akhlak
Bahasa Indonesia
Musik
Keywords: pesan dakwah; lirik lagu; analisis semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Maulidya Nur Khorida
Date Deposited: 20 Jun 2022 05:51
Last Modified: 20 Jun 2022 05:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51896

Actions (login required)

View Item View Item