Pendampingan pemuda karang taruna melalui kegiatan ekonomi produktif pengelolaan sampah di rt.25 rw.05 Desa Pabean Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriani, Nur (2021) Pendampingan pemuda karang taruna melalui kegiatan ekonomi produktif pengelolaan sampah di rt.25 rw.05 Desa Pabean Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fitriani_B92217122.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemberdayaan oraganisasi pemuda melalui kegiatan pengelolaan sampah plastik dari rumah warga. Proses ini dilakukan dengan cara peningkatan kemampuan melalui kreativitas tangan. Proses ini yang diawali dengan mengetahui potensi sebagai upaya untuk menemukan dam mengalih mimpi pemuda. Metode peneliti yang digunakan dengan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), pemberdayaan yang dilakukan melalui memanfaatkan potensi atau aset yang dimiliki oleh desa itu sendiri, pemberdayaan dengan metode ABCD dilakukan dengan 5 tahapan yakni : Discovery, Dream, Design, Define dan Destiny. Melalui penguatan pemanfaatan aset untuk melakukan perubahan dan menciptakan kemandirian dalam memanfaatkan potensi, kekuatan serta aset yang ada. Hasil dari pendampingan ini yaitu menguatkan kelompok pemuda yang tergabung untuk ikut serta dalam mengelolaan aset yang ada dengan menggunakan sampah plastik sebagai aset ekonomi. Aset strategi ini membantu pemuda karang taruna mempu mengelolah dan menciptakan berbagai produk kerajinan seperti celengan, vas bunga, dan tempat peralatan yang di hasilkan dari botol bekas yang akan dijual secara online oleh pemuda karang taruna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriani, Nurenif9321@gmail.comB92217122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahriesdyah@uinsby.ac.id197804192008012014
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Organisasi Pemuda; Sampah Botol Plastik.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nur Fitriani
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:54
Last Modified: 13 Apr 2022 04:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/51906

Actions (login required)

View Item View Item