Strategi guru dalam praktikum fikih dengan media daring: studi kasus MTs MA'ARIF Karangsambung Kebumen, Jawa Tengah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Faizatur (2022) Strategi guru dalam praktikum fikih dengan media daring: studi kasus MTs MA'ARIF Karangsambung Kebumen, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faizatur Rohmah_D91217093.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagai guru PAI, Anda harus kreatif dan inovatif dalam menciptakan strategi pembelajaran agar materi yang disampaikan dapat diterima oleh siswa dan tercapainya hasil belajar yang diharapkan. Meningkatkan keterampilan siswa dalam bidang afektif, kognitif dan psikomotorik terkait dengan penerapan pendidikan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Strategi guru fikih MTs MA’ARIF Karangsambung Kebumen Jawa Tengah adalah dengan menggunakan pendekatan student center dalam praktikum pembelajaran fikih, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media daring dalam sistem pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini berusaha menjawab rumusan masalah yang diajukan, yaitu: (1) Bagaimana strategi guru dalam magang fikih online di MTs MA'ARIF Karangsambung Kebumen Jawa Tengah, (2) Apa saja faktor pendukung dan kendala dalam Pelaksanaannya? strategi pembelajaran fiqih melalui media online di MTs MA'ARIF Karangsambung, Kebumen Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tujuan menganalisis peristiwa melalui serangkaian observasi lapangan, wawancara dan dokumenter. Dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Yang mana penelitian ini menunjukan bahwasannya (1) strategi guru dalam pembelajaran praktikum dalam pelaksanaanya dengan media daring di MTs MA’ARIF Karangsambung Kebumen Jawa Tengah dengan pendekatan student center diterapkan dengan baik tidak sempurna. (2) Faktor pendukungnya adalah diri siswa sendiri, motivasi orang tua dan teknik pengajaran guru. Sedang untuk faktor penghambatnya adalah jaringan internet yang kurang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Faizaturfaizaturrohmah8898@gmail.comD91217093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorNawawi, Mabuasimazz@yahoo.com2015045701
Subjects: Fikih
Guru
Pendidikan Islam
Keywords: Media daring; praktikum fikih; strategi guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faizatur Rohmah
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:53
Last Modified: 16 Feb 2022 10:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52055

Actions (login required)

View Item View Item