Nabi Nuh dan fenomena banjir perspektif Zaghlul Al-Najjar: studi Penafsiran Surah Hud Ayat 44 dalam Kitab Tafsir al-Ayat al-Kawniyyah fi al-Qur’an al-Karim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Faizal (2022) Nabi Nuh dan fenomena banjir perspektif Zaghlul Al-Najjar: studi Penafsiran Surah Hud Ayat 44 dalam Kitab Tafsir al-Ayat al-Kawniyyah fi al-Qur’an al-Karim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faizal Ramadhan_E93217059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bencana seringkali menimpa manusia dalam berbagai macam bentuk salah satunya ialah banjir. Peristiwa seperti itu sudah pernah terjadi pada masa Nuh terdahulu seperti yang sudah diriwayatkan dalam al quran. Secara umum hal itu dapat terjadi dikarenakan perbuatan maksiat dan menyembah kepada selain Allah SWT yang mana hal ini berarti terdapat hubungan setiap musibah yang datang dengan ketidaktaatan manusia kepada Allah SWT. Maka dari permasalahan tersebut penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui fenomena banjir dalam perspektif Zaghlul al-Najjar pada surah Hud ayat 44.Masalah yang menjadi fokus pembicaraan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pandangan Zaghlul al-Najjar tentang asal muasal banjir yang terjadi pada masa nabi Nuh AS sebagaimana terdapat dalam Q.S Hud ayat 44 dalam kitab tafsir al-Ayat al-Kawniyyah fi al-Quran al-Karim? 2) Bagaimana pandangan Zaghlul al-Najjar tentang berlabuhnya kapal nabi Nuh setelah terjadinya banjir sebagaimana terdapat dalam Q.S Hud ayat 44 dalam kitab tafsir al-Ayat al-Kawniyyah fi al-Quran al-Karim? 3) Apa hikmah yang bisa diambil bagi manusia tentang adanya banjir sebagaimana terdapat dalam Q.S Hud ayat 44 dalam kitab tafsir al-Ayat al-Kawniyyah fi al-Quran al-Karim? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau library research, sumber primernya menggunakan tafsir al-Ayat al-Kawniyyah fi al-Quran al-Karim. Modelnya dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang mana suatu metode penelitian yang berdasarkan pada inkuiri, perspektif dan interpretatif. Sedangkan teorinya menggunakan ulumul quran.Berdasarkan penjelasan diatas dapat diambil sebuah kesimpulan, Zaghlul al-Najjar berpendapat bahwasannya sumber air dari banjir pada masa Nabi Nuh ialah berasal dari Air tawar dan itu dapat terjadi karena curah hujan yang sangat amat deras.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Faizalfaizalr1998@gmail.comE93217059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholid, Abdulalidoktaf@gmail.com2002026501
Subjects: Bencana alam
Nabi dan Rasul
Al Qur'an
Keywords: Banjir; Nuh; Tafsir al-Ayat al-Kawniyyah fi al-Quran al-Karim.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: faizal ramadhan
Date Deposited: 18 Feb 2022 05:03
Last Modified: 18 Feb 2022 05:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52058

Actions (login required)

View Item View Item