Perwujudan rasa syukur dalam Tradisi Jawa"Studi tentang Sedekah bumi masyarakat desa Besowo, kecamatan Jatirogo,kabupaten Tuban"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wati, Winda Maida (2022) Perwujudan rasa syukur dalam Tradisi Jawa"Studi tentang Sedekah bumi masyarakat desa Besowo, kecamatan Jatirogo,kabupaten Tuban". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Winda Maida Wati_E02217041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keragaman budaya di Indonesia, terutama pada masyarakat jawa sangatlah beragam. Salah satunya yaitu tradisi sedekah bumi yang masih dilakukan hingga sekarang. Masyarakat Desa Besowo Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban tiap tahunnya masih mengadakan tradisi tersebut. Perilaku ini biasa dilakukan warga desa sebagai bentuk moralisasi masyarakat jawa dalam melestarikan budaya setempat. Adapun rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu 1) Bagaimana proses tradisi sedekah bumi yang dijalankan masyarakat desa besowo, 2). Bagaimana makna tradisi sedekah bumi bagi warga desa besowo, 3). Bagaimana pengaruh tradisi sedekah bumi bagi warga desa besowo?. Menjawab permasalahan tersebut, Peneliti akan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode ini dipilih agar diperoleh data penelitian yang bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai tradisi sedekah bumi masyarakat desa besowo. Kemudian data yang di peroleh akan disajikan secara deskriptif dan di analisa menggunakan Teori Evolusianisme Determistik Edward B. Taylor yang menyatakan bahwa budaya adalah keseluruhan yang kompleks termasuk di dalamnya terdapat pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum adat, dan segala kemampuan sebagai seorang anggota masyarakat. Temuan dalam penelitian skripsi ini yakni masyarakat desa melakukan tradisi ini setiap tahunnya setelah panen, dimana kegiatan sedekah bumi secara tidak langsung mempengaruhi kondisi sosial, ekonomi dan keyakinan mereka. Perilaku sebagian warga desa yang mempercayai dampak dari kegiatan sedekah bumi ini sangat menarik untuk dilakukan penelitian berkaitan dengan tradisi sedekah bumi di desa besowo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wati, Winda Maidawindamayda@gmail.comE0227041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyir, Kunawikunawi.fu@yahoo.co.id2018096401
Subjects: Antropologi Budaya
Keywords: Syukur; tradisi; sedekah bumi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Winda Maida Wati
Date Deposited: 18 Feb 2022 02:24
Last Modified: 18 Feb 2022 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52093

Actions (login required)

View Item View Item