This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Karimah, Anisatul (2021) Penelitian tindakan kelas guru Madrasah Ibtidaiyah: Studi komparatif implementasi Penelitian Tindakan Kelas MIN 2 dan MIN 3 Sumenep. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Anisatul Karimah_F02A18351.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana perencanaan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru MIN 2 dan MIN 3 Sumenep, 2) bagaimana pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru MIN 2 dan MIN 3 Sumenep, 3) bagaimana laporan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru MIN 2 dan MIN 3 Sumenep, 4) apa faktor penghambat dan pendukung bagi guru MIN 2 dan MIN 3 Sumenep dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru MIN 2 yang berjumlah 8 guru dan MIN 3 Sumenep yang berjumlah 8 orang, yang terdiri dari guru kelas dan guru mata pelajaran PJOK dan PAI. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Setelah dilakukan analisis yang mendalam, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Perencanaan penelitian di MIN 2 dan MIN 3 Sumenep menunjukkan bahwa pelaksanaan program Penelitian Tindakan Kelas (PTK) didasari oleh Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009. (b) Pelaksanaan PTK guru di MIN 2 maupun MIN 3 ditujukan khusus kepada guru yang bergolongan IV/A keatas. Sedangkan guru yang tidak bersatatus golongan IV/A hanya disarankan untuk melaksanakan PTK. Dalam perencanaan PTK di MIN 2 Sumenep dikhususkan kepada semua guru, sedangkan di MIN 3 Sumenep hanya pada guru yang bergolongan IV/A ke atas. (c) Laporan penelitian tindakan kelas di MIN 2 dan MIN 3 sudah berjalan secara efektif dan efisien, walaupun pelaksanaan laporan dilakukan oleh guru yang memiliki golongan IV/A ke atas. Adapun perbedaanya, laporan pelaksanaan PTK guru di MIN 2 Sumenep sebagai bentuk peningkatan inovasi dan kreativitas dalam pengembangan keprofesionalan guru sekaligus sebagai bahan laporan, sedangkan di MIN 3 Sumenep sebagai bahan laporan saja kepada pemerintahan, ketika suatu waktu dimintai pertanggungan jawaban. (d) Faktor penghambat dan pendukung penelitian tindakan kelas, faktor penghambat yaitu malas menulis, minat membaca rendah, latar belakang pendidikan, dan kurangnya motivasi. Sedangkan faktor pendukung yaitu adanya motivasi ekstrisik dikhususkan kepada guru yang mencapai golongan IV/A sebagai akses untuk menaikkan jabatan. Adapun perbedaan diantara kedua madrasah tersebut, yaitu; guru di MIN 2 yang memiliki latar belakang pendidikan bukan dari pendidikan sarjana/diploma empat tidak mendapatkan materi tentang penelitian tindakan kelas. Sedangkan latar belakang pendidikan guru di MIN 3 Sumenep kurang mendukung pelaksanaan penelitian tindakan kelas terutama pada guru non-status. Sedangkan faktor pendukung MIN 2 memiliki tingkat kesadaran maksimal dalam penerapan PTK guru. Sedangkan di MIN 3 memiliki tingkat kesadaran minimal, sebab hanya dilakukan oleh guru bergolongan dalam hal kenaikan pangkat
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Penelitian |
||||||||||||
Keywords: | Penelitian Tindakan Kelas; perencanaan; pelaksana; pelaporan. | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Anisatul Karimah | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Mar 2022 12:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Mar 2022 12:49 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52298 |
Actions (login required)
View Item |