Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan perubahan sosial: studi pada masyarakat Desa Mentaras, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'nunah, Lulu'atul (2022) Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan perubahan sosial: studi pada masyarakat Desa Mentaras, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luluatul Manunah_I03218012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk perubahan sosial setelah pemberlakuan pembatsan kegiatan masyarakat (PPKM) di Desa Mentaras Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik dan tipologi masyarakat setelah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Desa Mentaras Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Dari rumusan masalah tersebut terdapat sub bab pembahasan di dalamnya, antara lain pembahasan mengenai pendapat para masyarakat, khususnya masyarakat yang terdampak PPKM dan pihak pemerintah desa dalam menyikapi perubahan sosial akibat adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) desa Mentaras Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis data deskriptif dengan pendekatan fenomenologi yang menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis fenomena yang terjadi pada masyarakat desa Mentaras adalah teori perubahan sosial modernisasi teknologi oleh W. F. Ogburn dan Ferdinand Tonnies. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah berubah seluruh aktivitas dan kegiatan masyarakat Mentaras yaitu. Untuk bentuk perubahan pada kegiatan ekonomi masyarakat tergolong dalam bentuk perubahan besar, sedangkan untuk kegiatan pendidikan termasuk dalam kategori bentuk perubahan lambat (evolusi). Selanjutnya untuk kegiatan sosial tergolong dalam bentuk perubahan dikehendaki. Yang terakhir kegiatan keagamaan masyarakat Mentaras termasuk dalam kategori bentuk perubahan kecil. (2) Adapun tipologi masyarakat yang muncul setelah adanya PPKM seperti kelompok masyarakat yang menaati PPKM dan protokol kesehatan dan aktif melaksanakan tugas dan pekerjaannya, kelompok masyarakat yang tidak menaati PPKM dan aktif melaksanakan tugas dan pekerjaannya, dan kelompok masyarakat yang tidak menaati PPKM dan protokol kesehatan serta tidak melaksanakan tugas dan kewajibannya, namun sangat mengharapkan bantuan sosial dari pemerintah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'nunah, Lulu'atulluluatul0123@gmail.comI03218012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShonhadji, Shonhadjisos@uinsby.ac.id8886123419
Subjects: Sosiologi
Keywords: PPKM; perubahan sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2022 03:23
Last Modified: 08 Mar 2022 03:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52366

Actions (login required)

View Item View Item