Keanekaragaman dan struktur Komunitas Capung (Odonata) pada berbagai tipe habitat di Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanto, Muhamad Azmi Dwi (2022) Keanekaragaman dan struktur Komunitas Capung (Odonata) pada berbagai tipe habitat di Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Azmi Dwi Susanto_H91218047.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kecamatan Lakarsantri merupakan salah satu area di Kota Surabaya yang memiliki berbagai tipe habitat perairan sehingga memiliki peran besar bagi keberlangsungan berbagai makhluk hidup terutama capung (Odonata). Capung merupakan serangga terbang yang sebagian besar siklus hidupnya dihabiskan di dalam perairan, sehingga keberadaan ekosistem perairan sangat penting bagi keberlangsungan hidup capung. Keanekaragaman dan struktur komunitas capung memiliki peran penting dalam suatu ekosistem, diantaranya yaitu sebagai bioindikator kualitas lingkungan dan predator serangga hama serta vektor penyakit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keanekaragaman jenis dan struktur komunitas capung pada berbagai tipe habitat di Kecamatan Lakarsantri. Metode pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode Visual Encounter Survey (VES), yaitu metode pengamatan dengan menyusuri seluruh lokasi pengamatan yang telah ditentukan dengan mencatat keanekaragaman spesies capung dan menghitung jumlah individu dari setiap spesies capung yang teramati. Penelitian dilakukan pada 6 lokasi pengamatan selama bulan Juli, Agustus dan September 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 22 spesies dengan total 1028 individu dari 4 famili. Pada Nilai indeks keanekaragaman menunjukkan bahwa lokasi Kolam Terbuka memiliki nilai keanekaragaman capung tertinggi dengan nilai H’= 2,23 dengan ditemukan 19 spesies capung yang masuk dalam 4 famili dengan total 351 individu. Sedangkan lokasi dengan indeks keanekaragaman capung terendah yaitu pada lokasi Waduk Unesa dengan nilai H’= 0,55 dengan ditemukan 11 spesies capung dengan total 94 individu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanto, Muhamad Azmi Dwimuhammadazmidwi@gmail.comH91218047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2020048801
Subjects: Biologi
Keywords: Keanekaragaman; struktur komunitas; Capung; habitat; Lakarsantri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2022 05:03
Last Modified: 09 Mar 2022 05:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52383

Actions (login required)

View Item View Item