Deteksi microsleep berbasis eye aspect ratio menggunakan histogram oriented gradient + support vector machine linier untuk memicu alarm

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulla, Mohammad Afinil (2022) Deteksi microsleep berbasis eye aspect ratio menggunakan histogram oriented gradient + support vector machine linier untuk memicu alarm. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Afinil Maulla_H06217011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh beberapa faktor terutama dikarenakan kelelahan dari pengemudi. untuk meminimalisir kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian manusia maka, diperlukan sebuah pengembangan prototype sistem deteksi microsleep untuk memicu alarm. Penelitian ini menggunakan metode Histogram Oriented Gradient dan Support Vector Machine untuk mendeteksi objek. Bahasa pemrogaman yang digunakan adalah Python, kemudian menggunakan dataset dari dlib face landmark sebagai marker pada area titik wajah yang kemudian akan dikalkukasi berdasarkan eye aspect ratio. Sistem ini diterapkan menggunakan inputan video yang ditangkap menggunakan webcam secara real time. output dari sistem ini menggunakan buzzer untuk memberikan peringatan pengemudi. Pada penelitian ini mendapatkan hasil pengujian dengan baik, dilakukan dengan 2 skenario pengujian jarak 40cm – 100cm serta pengujian tingkat cahaya 33 lux hingga 226 lux, dari hasil tersebut didapatkan hasil akurasi masing masing sebesar 89%. Kata Kunci: Microsleep, Sistem Deteksi Microsleep, Histogram Oriented Gradient, NodeMCU.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulla, Mohammad Afiniljustnifa@gmail.comH06217011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWibowo, Achmad Teguhatw@uinsby.ac.id2026108801
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Microsleep; alarm
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:34
Last Modified: 09 Mar 2022 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52395

Actions (login required)

View Item View Item