Implementasi fatwa DSN No. 67 DSN-MUI/III/2008 tentang anjak piutang di dalam Bank Mitra Syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Yuyun Ainur (2021) Implementasi fatwa DSN No. 67 DSN-MUI/III/2008 tentang anjak piutang di dalam Bank Mitra Syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuyun Ainur Rohmah_G04217068.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana praktik sistem pembiayaan anjak piutang antara Bank Mitra Syariah, PT. Behaestex dan Supplier serta bagaimana implentasi Fatwa DSN No. 67/DSN-MUI/III/2008 tentang anjak piutang antara Bank Mitra Syariah, PT. Behaestex, dan Supplier.Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data diperoleh dari data primer yang didapatkan dari wawancara. Sedangkan data sekunder didapatkan dari dokumen MOU, buku profil Bank Mitra Syariah, Brosur produk-produk Bank Mitra Syariah.Hasil penelitian menunjukkan bawah pelaksanaan anjak piutang yang terjadi antara Bank Mitra Syariah, PT. Behaestex dan Supplier, menurut Fatwa DSN MUI/III/2008 tidak sesuai dengan pelaksanaannya yang ada di Bank Mitra Syariah. Yaitu terjadi ketidak sesuaian pada pelaksaan akad Qard dan Wakalah Bil Ujrah dalam perjanjian anjak piutang tersebut.
Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat lebih memperhatikan pelaksanaan dan akad yang digunakan. Sehingga terjadi keselarasan antara pelaksanaannya dalam Bank Mitra Syariah dengan Fatwa DSN No. 67 DSN-MUI/III/2008 tentang Anjak Piutang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Yuyun Ainuryuyunainurrohmah23@gmail.comG04217068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Bakhrulbakhrul.huda@uinsby.ac.id2104098501
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Akad Qard; Akad Wakalah Bil Ujrah; Anjak Piutang; Fatwa DSN No. 67 DSN-MUI/III/2008.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yuyun Ainur Rohmah
Date Deposited: 15 Mar 2022 06:11
Last Modified: 15 Mar 2022 06:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52460

Actions (login required)

View Item View Item