Internalisasi nilai-nilai religius Multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada jurusan Farmasi dan Keperawatan di SMK kesehatan Yannas Husada Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robik, Zahrotur (2021) Internalisasi nilai-nilai religius Multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada jurusan Farmasi dan Keperawatan di SMK kesehatan Yannas Husada Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahrotur Robik_ F02319092.pdf

Download (2MB)

Abstract

Internalisasi Nilai-Nilai Religius Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Jurusan Farmasi dan Keperawatan di SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan, Zahrotur Robik, Prof. Dr. H. Zumrotul Mukaffa M.Ag, Dr. Lilik Huriyah, M.Pd.I- Proses pendidikan untuk calon asisten tenaga kesehatan selain harus kompeten dalam bidangnya, juga harus mempunyai nilai-nilai religius dan multikultural dalam menangani pasien. Berbagai penelitian mengatakan bahwa pendekatan religius multikultural untuk pasien sangat membantu meringankan penderitaan yang dialaminya secara psikologis. Sehingga di SMK Kesehatan Yannas Husada Bnagkalan mengunggulkan nilai-nilai religius multikultural dalam pembelajaran termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusaln masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa yang menjadi dasar di SMK Kesehatan Yannas dalam menerapkan nilai-nilai religius multikultural?, (2) Apa saja bentuk-bentuk nilai religius multikultural di SMK Kesehatan Yannas?, (3) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai dalam PAI di SMK Kesehatan Yannas?. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Langkah pertama yaitu observasi di SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan bagaimana proses pembelajaran PAI dan melakukan wawancara kepada informan. SMK Kesehatan Yannas Husada Bangkalan menanamkan nilai-nilai religius multikultural dalam PAI mengaitkan materi dengan nilai-nilai religius multikultural yang harus dimiliki oleh tenaga kesehatan seperti ibadah, toleransi, bertanggungjawab, disiplin, akhlak terhadap pasien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robik, Zahroturzahraturrobik09@gmail.comF02319092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffaZumrotul, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.com2015107003
Thesis advisorHuriyah Lilik, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Internalisasi Nilai-Nilai Religius Multikultural dan Pendidikan Agama Islam.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zahrotur Robik
Date Deposited: 15 Mar 2022 15:47
Last Modified: 15 Mar 2022 15:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52467

Actions (login required)

View Item View Item