Formulasi gel ekstrak daun Glodokan Tiang Polyalthia longifolia dalam uji aktivitas antibakteri Staphylococcus epidermidis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspita, Nike Nada (2022) Formulasi gel ekstrak daun Glodokan Tiang Polyalthia longifolia dalam uji aktivitas antibakteri Staphylococcus epidermidis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nike Nada Puspita_H91218050.pdf

Download (3MB)

Abstract

Infeksi merupakah salah satu penyakit yang paling umum terjadi dan memiliki tingkat kasus tertinggi penyebab kesakitan serta kematian di negara berkembang, salah satunya Indonesia. Salah satu bakteri yang dapat menyebabkan infeksi adalah bakteri Staphylococcus epidermidis. Penyakit infeksi biasanya diobati menggunakan beberapa jenis antibiotik. Hal tersebut menyebabkan terjadinya resistensi pada bakteri. Oleh karena itu, diperlukan bahan alami yang mengandung senyawa aktif sebagai alternatif pengganti antibiotik. Salah satu tanaman yang memiliki potensi sebagai antibakteri adalah daun glodokan tiang (Polyalthia longifolia). Pengaplikasian ekstrak daun glodokan tiang (P. longifolia) sebagai antibakteri dapat dilakukan dalam bentuk sediaan gel. Penelitian ini bertujuan Untuk menentukan formula gel ekstrak daun glodokan tiang P. longifolia terbaik dalam uji aktivitas antibakteri S. epidermidis. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi uji kualitas sediaan gel dan uji antibakteri yang dilakukan menggunakan metode difusi cakram dengan konsentrasi ekstrak 25%, 50% dan 75%. Hasil uji kualitas sediaan gel menunjukkan bahwa sediaan gel memiliki aroma khas ekstrak, bertekstur kental lunak, homogen, memiliki rata-rata pH > 7 (tidak memenuhi standart) dan memilik rata-rata daya sebar 5,9 cm. Hasil uji antibakteri menunjukkan bahwa sediaan gel ekstrak daun P. longifolia memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan bakteri S. epidermidis. Konsentrasi sediaan gel yang efektif menghambat pertumbuhan bakteri S. epidermidis yaitu pada konsentrasi 50% dan 75%, dengan masing-masing rata-rata diameter zona hambat sebesar 10,20 mm dan 11,90 mm. Sediaan gel ekstrak daun P. longifolia memiliki aktivitas antibakteri terhadap pertumbuhan bakteri S. epidermidis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspita, Nike Nadanikendpspt17@gmail.coH91218050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTyastirin, Estiesty@uinsby.ac.id2024068702
Thesis advisorRachmawati, Yuanitayuanitarhartono@gmail.com2019088803
Subjects: Biologi
Keywords: Daun glodokan tiang (Polyalthia longifolia); Staphylococcus epidermidis; sediaan gel; CMC-Na; antibakteri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:16
Last Modified: 21 Mar 2022 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52518

Actions (login required)

View Item View Item