Implementasi EPP sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris siswa di SMP Muhammadiyah 2 Taman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Noorifa, Rima Wafi Ayunin (2021) Implementasi EPP sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris siswa di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rima Wafi Ayunin Noorifa_D93217070.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyak faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pendidikan, salah satunya ialah kurikulum. Indonesia sendiri saat ini menggunakan kurikulum 2013/K13. Selain itu, penyelenggaraan kelas internasional telah diatur dalam Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 50 ayat 3. Salah satu program pendidikan yang berasal dari luar negeri yang dapat diadopsi oleh lembaga pendidikan di Indonesia adalah English Proficiency Program (EPP). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi EPP di SMP Muhammadiyah 2 Taman, mendeskripsikan prestasi belajar mata pelajaran bahasa inggris siswa di SMP Muhammadiyah 2 Taman, mendeskripsikan implementasi EPP sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi mata pelajaran bahasa inggris siswa di SMP Muhammadiyah 2 Taman, mengetahui alasan mengapa implementasi EPP sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi mata pelajaran bahasa inggris di SMP Muhammadiyah 2 Taman, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari implementasi EPP sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi mata pelajaran bahasa inggris siswa di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode mengumpulkan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penelitian utama dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Informan penelitian ini yaitu antara lain Kepala Sekolah, Wakil Kepala bagian Kurikulum, Wakil Kepala bagian Kesiswaan, Penanggung Jawab Program (EPP), guru/pengajar program, siswa yang mengikuti EPP. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) implementasi EPP di SMP Muhammadiyah 2 Taman telah berjalan sejak tahun 2014, program ini dilaksanakan atas rekomendasi dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur. Kegiatan dalam pelaksanaan program ini diadakan di dalam kelas dan juga luar kelas. Kegiatan yang dilaksanakan adalah presentasi individu, wawancara (interview), speaking class, student course book dan writing book, creative literacy show, English friendship camp, mind empowering, students talent show, ICO competition, learning through native, watching movie. (2) di SMP Muhammadiyah 2 Taman menyediakan 3 program kelas antara lain Excellent, Tahfidz, dan ICO/EPP. Kurikulum yang digunakan di sekolah menggunakan kurikulum gabungan yaitu K13 dan juga kurikulum yang diadopsi sekolah. Banyak prestasi yang telah dicapai oleh siswa SMP Muhammadiyah 2 Taman, seperti menjuarai lomba futsal, lomba pidato bahasa inggris, bahasa arab. (3) diantara banyaknya program dan cara untuk meningkatkan prestasi belajar, adanya pelaksanaan EPP menjadi salah satu program yang dapat meningkatkan prestasi siswa, apalagi dalam mata pelajaran bahasa inggris dikarenakan tujuan dari adanya program ini siswa menjadi mahir dalam bahasa inggris, mampu mendapat juara saat mengikuti lomba dikarenakan selain siswa belajar kurikulum yang telah diatur pemerintah, siswa juga mendapat tambahan kurikulum EPP. (4) alasan mengapa implementasi EPP dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Taman antara lain dikarenakan EPP memiliki keunikan dan keunggulan, dapat membuat sekolah menjadi sekolah unggulan, siswa menjadi aktif dan memiliki rasa percaya diri, siswa lebih mahir dalam berbahasa inggris, terdapat faktor yang mendukung berjalannya program seperti adanya SDM yang berkualitas.(5) faktor pendukung dari adanya pelaksanaan program ini adalah dukungan dari luar pihak seperti wali murid, pimpinan cabang, SDM yang ada di dalam sekolah. Sedangkan untuk faktor penghambat berasal dari siswa yang awalnya belum terbiasa dengan program, dan pada saat pandemi covid-19 saat ini yang sebelumnya belum menjadi kendala ini menjadi kendala.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Noorifa, Rima Wafi Ayuninrimawafi05@gmail.comD93217070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, ImamUNSPECIFIED2012085201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Implementasi; EPP (English Proficiency Program); prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2022 08:18
Last Modified: 23 Mar 2022 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52568

Actions (login required)

View Item View Item