Solidaritas komunitas generasi baru Indonesia Universitas Islam Negeri Sunan Ampel dalam mengembangkan Greenhouse Hidroponik di Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Cyntia Wingga (2022) Solidaritas komunitas generasi baru Indonesia Universitas Islam Negeri Sunan Ampel dalam mengembangkan Greenhouse Hidroponik di Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cyntia Wingga Wardani_I93218065.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pandemi menjadi pemicu awal terjadinya suatu permasalahan yang menyebabkan pasifnya kegiatan sehingga membuat greenhouse hidroponik kurang produktif secara maksimal. Program pemberdayaan yang dilakukan GenBI dengan kelompok tani Mugi Lestari ini menjadi sepi karena kekhawatiran orang-orang dengan pandemic. Hal ini lah yang menjadi latar belakang peneliti untuk meneliti secara mendalam terkait solidaritas yang terjalin antar anggota dalam mengembangkan greenhouse hidroponik yang sempat pasif ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mana peneliti perlu pendekatan secara mendalam dengan objek penelitian. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori Solidaritas Sosial Emile Durkheim dengan mengenalkan dua tipe solidaritas sosial yaitu mekanik dan organik. Penelitian ini menghasilkan bahwa komunitas GenBI UINSA memiliki bentuk solidaritas yang terdiri dari piket mingguan, pelatihan anggota, musyawarah dan studi banding. Selain itu solidaritas komunitas ini juga tercermin pada makna dari interaksi mereka yaitu pembagian tugas, kesadaran diri, kerukunan, kerjasama, kekompakan, dan kesetiakawanan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat dihasilkan bahwa pada solidaritas yang ada di komunitas GenBI UINSA ini memiliki ciri yang disebutkan oleh kedua tipe tersebut, seperti yang dilihat bahwa pada komunitas ini tidak hanya memiliki pembagian tugas yang dilakukan secara gotong royong yang sesuai dengan tipe solidaritas mekanis tetapi juga dalam komunitas ini juga terdapat hukum yang restitutif yang sesuai dengan tipe solidaritas organis.Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada nilai solidaritas yang ada di GenBI UINSA secara efektif dapat digunakan sekaligus diperluas kembali dalam menjalin komunikasi dengan kelompok tani agar koordinasi yang terjalin dapat terus menerus dilakukan dan dapat membantu perkembangan greenhouse.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Cyntia Winggacynwingga3@gmail.comI93218065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti Umdatulivayulianti@uinsby.ac.id2018077602
Subjects: Sosiologi
Keywords: Solidaritas sosial; Komunitas; GenBI.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Cyntia Wingga
Date Deposited: 05 Apr 2022 06:34
Last Modified: 05 Apr 2022 06:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52654

Actions (login required)

View Item View Item