Tren Childfree sebagai pilihan hidup masyarakat kontemporer ditinjau dari Perspektif Pilihan Rasional: analisis pada media sosial Facebook Grup Childfree Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marfia, Sandra Milenia (2022) Tren Childfree sebagai pilihan hidup masyarakat kontemporer ditinjau dari Perspektif Pilihan Rasional: analisis pada media sosial Facebook Grup Childfree Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sandra Milenia Marfia_I93218088.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keputusan untuk tidak memiliki anak atau childfree dianggap sebagai sesuatu yang tidak wajar, keluar dari nilai-nilai yang dianut masyarakat, serta tindakan yang egois dan individualistik. Namun, tren yang berkembang di Indonesia setahun belakang ini telah membuka mata masyarakat bahwa beberapa orang telah mengambil keputusan ini sebagai pilihan hidup mereka. Merebaknya topik ini juga memunculkan beberapa komunitas childfree di berbagai platform media sosial, salah satunya facebook. Penelitian ini akan mendiskripsikan tentang keputusan childfree yang diambil oleh masyarakat kontemporer sebagai pilihan hidup melalui analisa terhadap komunitas online yang ada di facebook. Beberapa rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian diantaranya: 1) Bagaimana keputusan childfree menjadi pilihan hidup masyarakat kontemporer, 2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi childfree sebagai pilihan hidup masyarakat kontemporer. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi pada beberapa anggota komunitas Childfree Indonesia di facebook. Peneliti juga menggunakan teori pilihan rasional James S. Coleman sebagai perspektif teori dan rujukan untuk menganalisis data. Penemuan dari penelitian ini meliputi: 1) Keputusan childfree merupakan pilihan yang diambil individu secara sadar. Dalam memilih keputusan childfree tidaklah mudah, membutuhkan proses pengambilan keputusan yang memakan waktu dan melalui beberapa pertimbangan diantaranya penolakan dari keluarga dan orang-orang terdekat, tekanan sosial, dan juga penerimaan pasangan. Meski begitu individu dengan pilihan ini merasa bahwa pilihan childfree telah membuat mereka merasa menjalani kebebasan dalam hidup sesuai yang diimpikan, 2) beberapa faktor yang mempengaruhi individu dalam mengambil keputusan menjadi seorang childfree dibagi ke dalam lima kategori. Pertama, berdasarkan alasan pribadi di mana keputusan diambil berasal dari emosi atau batin. Kedua, kondisi psikologis dan medis berupa trauma, fobia, maupun penyakit genetik yang bisa menurun. Ketiga, kondisi ekonomi yang mana pertimbangan biaya-biaya membesarkan seorang anak. Keempat, alasan filosofis atau prinsip. Kelima, kondisi lingkungan hidup yang berkaitan dengan keprihatinan individu childfree terhadap fenomena kerusakan lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marfia, Sandra Mileniasandramilenia155@gmail.comI93218088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti Umdatulivayulianti@uinsby.ac.id2018077602
Subjects: Masalah sosial
Sosiologi
Keywords: Childfree; Pilihan Hidup; Pilihan Rasional.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Sandra Milenia Marfia
Date Deposited: 06 Apr 2022 05:42
Last Modified: 06 Apr 2022 05:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52657

Actions (login required)

View Item View Item