Konsep Al-Wala’ Wa Al-Bara’ Perspektif Sayyid Quthb

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Annisa, Vina (2022) Konsep Al-Wala’ Wa Al-Bara’ Perspektif Sayyid Quthb. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel, Surabaya.

[img] Text
Vina Annisa_E93216090.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konsekuensi dari kalimat syahadat La ilaha illallah, yaitu meninggalkan segala bentuk penyembahan kepada selain Allah SWT serta penetapan untuk menyembah hanya kepada Allah SWT. Hal ini merupakan konsekuensi pada diri setiap muslim atau yang disebut dengan akidah al-wala’ wa al-bara’, namun konsep ini menimbulkan perbedaan pendapat. Pada sebagian kelompok, konsep al-wala’ wa al-bara’ merupakan puncak keimanan dari seorang muslim, sedangkan kelompok yang lain menjadikan konsep ini sebagai alasan untuk bersikap intoleran terhadap nonmuslim dan menimbulkan perpecahan umat Islam. Penelitian ini membahas tentang konsep al-wala’ wa al-bara’ perspektif Sayyid Quthb dengan pokok permasalahan yang akan diteliti adalah: (1) Bagaimana konsep al-wala’ wa al-bara’ perspektif Sayyid Quthb, (2) Bagaimana kontekstualisasi al-wala’ wa al-bara’ dalam kehidupan sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat kualitatif dan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang memerlukan buku-buku dan literatur terkait dengan penelitian. Dengan analisis deskriptif, penelitian ini mendeskripsikan penafsiran Sayyid Quthb dalam tafsir fi> z}ilalil qur’an tentang konsep al-wala’ wa al-bara>’ dan dikontekstualisasikan dalam kehidupan sosial. Hasil dari penelitian ini adalah: konsep al-wala’ wa al-bara>’ perspektif Sayyid Quthb yaitu tidak menjadikan kaum Ahli Kitab (kafir) sebagai pemimpin, memisahkan diri dari barisan lain dan bersikap loyal hanya kepada Allah, Rasulullah dan kaum muslimin, memberikan batasan yang jelas dan tegas antara toleransi dan loyalitas, terputusnya hubungan kerabat setelah terputusnya hubungan dalam akidah. Bentuk dari kontekstualisasinya yaitu dengan meninggalkan kesyirikan, membantu saudara seiman, dan tidak bertasyabbuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Annisa, Vinadevinaannisa@gmail.comE93216090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, AbuUNSPECIFIED197304041998031006
Thesis advisorFaruq, UmarUNSPECIFIED197909142009011005
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Al Qur'an
Toleransi
Keywords: al-wala’ wa al-bara’, Sayyid Quthb, tafsir fi zhilalil qur’an.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Vina Annisa
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:44
Last Modified: 07 Apr 2022 03:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52675

Actions (login required)

View Item View Item