Uji evaluasi dan verifikasi pemrograman Excel katalog gerhana bulan tahun 610 M sampai 3000 M metode Bessel menggunakan algoritma Jean Meeus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nizom, Muhammad (2022) Uji evaluasi dan verifikasi pemrograman Excel katalog gerhana bulan tahun 610 M sampai 3000 M metode Bessel menggunakan algoritma Jean Meeus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nizom_C76218015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Data primer yang digunakan dalam penelitian ini meliputi “A Manual Of Spherical And Practical Astronomy” karya William Chauvenet, “Rumusan Syari dan Astronomi” karya Abu Sabda, “Astronomical Algoritms” karya Jean Meeus serta software pemrograman Microsoft Excel . Teknik pengumpulan menggunakan metode dokumentasi, dengan data yang dikumpulkan berupa algoritma-algoritma perhitungan gerhana bulan dengan algoritma Jean Meeus dan komponen yang diperlukan untuk melakukan pemrograman. Metode Analisa data dibagi menjadi tiga tahap yakni; 1) tahapan pengumpulan data yakni berupa konsep perhitungan gerhana bulan dengan algoritma Jean Meeus dan konsep pemrograman Microsoft Excel, 2) Tahap pemrograman gerhana bulan, 3) tahap uji evaluasi dan verifikasi program katalog gerhana bulan metode bessel algoritma Jean Meeus.Kesimpulan hasil penelitian ini, bahwa pemrograman katalog gerhana bulan metode bessel algoritma Jean Meeus dilakukan dalam beberapa tahapan sebagai berikut : 1) Pengumpulan data, 2) Analisis kebutuhan program, 3) Perancangan tampilan program, 4) Penulisan bahasa program (coding ), 5) Uji coba program. Setelah dilakukan uji evaluasi penulis mendapatkan hasil, program katalog gerhana bulan menggunakan macro VBA pada Excel, maka untuk menjalankan program diperlukan Microsoft Excel yang sudah mengaktifkan fitur macro VBA. Hasil Uji verifikasi program katalog gerhana bulan memberikan kesimpulan bahwa hasil perhitungan program sama dengan hasil perhitungan manual, serta hasil perhitungan program katalog gerhana bulan metode bessel algoritma Jean Meeus memiliki rata-rata selisih yang bervariasi dengan hasil perhitungan NASA antara rentang tahun 610 M sampai 3000 M.Perkembangan zaman yang cukup modern ini yang serba terkomputerisasi. Agar eksistensi ilmu falak tetap eksis di kalangan masyarakat modern. Maka diharapkan program ini dapat bermanfaat dan di perbarui dalam bentuk versi selanjutnya. Dan menggunakan algoritma yang lebih terjaga keakuratannya untuk ke depan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nizom, Muhammadnizomjws@gmail.comC76218015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorQulub, Siti Tatmainulnungky_diamond@yahoo.com2029128901
Subjects: Hisab dan Rukyah
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Falak
Keywords: pemrograman; Excel; gerhana.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Muhammad Nizom
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:37
Last Modified: 11 Apr 2022 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52711

Actions (login required)

View Item View Item