Analisis hukum islam terhadap akad Tabungan Easy Mudharabah di BSI KCP Jombang Ploso

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidina, Sonia Rizka (2022) Analisis hukum islam terhadap akad Tabungan Easy Mudharabah di BSI KCP Jombang Ploso. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sonia Rizka Maulidina_C92218175.pdf

Download (2MB)

Abstract

Data yang disajikan penulis pada penelitian ini dikumpulkan melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Wawancara ini dilakukan langsung kepada pihak terkait yakni Branch Manager, BOSM, Custumer Service, MRL TL, SME RE dan Nasabah BSI KCP Jombang Ploso. Serta teknik dokumentasi dilakukan pada sumber data berupa brosur dan sumber data penunjang lainnya. Selanjutnya data di analisis melalui metode deskriptif kualitatif yang mana metode ini menggunakan analisa untuk menggambarkan keadaan atau fenomena dalam setiap kata atau kalimatnya dan juga menggunakan pola fikir deduktif yakni dengan mengemukakan teori-teori dalam akad tabungan easy mud̟ārabah yang ditinjau dalam hukum Islam untuk menganalisis proses transaksi yang terjadi di Bank Syariah Indonesia dengan nasabah guna mendapatkan suatu kesimpulan.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Tabungan easy mud̟ārabah di BSI KCP Jombang Ploso merupakan produk tabungan yang menggunakan akad mud̟ārabah. Akad tabungan easy mud̟ārabah di BSI KCP Jombang Ploso ini digunakan sebagai akad penunjang produk BSI KCP Jombang Ploso lainnya seperti dalam produk pembiayaan, deposito dan giro. Semua produk pembiayaan yang di ajukan oleh nasabah BSI KCP Jombang Ploso wajib memakai tabungan easy mud̟ārabah untuk melakukan transaksi nya. (2) Dalam praktik tabungan easy mud̟ārabah di BSI KCP Jombang Ploso ini nasabah dikenakan biaya admin sebesar Rp. 10.000 setiap bulannya.Maka saat nasabah yang mengajukan produk pembiayaan berupa akad murabahah dan di wajibkan untuk membuka tabungan easy mud̟ārabah nasabah harus membayar dua akad yakni angsuran dalam bentuk akad murabahah dan biaya admin dari akad mud̟ārabah. (3) Analisis hukum Islam pada tabungan easy mud̟ārabah di BSI KCP Jombang Ploso hukumnya batal karena terdapat unsur riba dimana tidak sesuai dengan syarat akad.Dari kesimpulan di atas maka penulis menyarankan agar pihak BSI KCP Jombang Ploso menerapkan akad mud̟ārabah dengan benar dan sesuai dengan syarat dan ketentuan akad. Sehingga tidak memberatkan nasabah yang ingin melakukan pembiayaan. Dan BSI KCP Jombang Ploso agar menerapkan akad mud̟ārabah sesuai dengan ketentuan secara umum dilakukan oleh perbankkan sehingga tercipta nya arus perekonomian yang tidak merugikan salah satu pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidina, Sonia Rizkasoniarizka123@gmail.comC92218175
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSumarkan, Ilhamullah--2010086401
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Hukum Islam
Hukum Islam > Mudharabah
Keywords: Tabungan; Bank; Tabungan Easymudarabah; Pembiayaan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sonia Rizka Maulidina
Date Deposited: 11 Apr 2022 17:11
Last Modified: 11 Apr 2022 17:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52724

Actions (login required)

View Item View Item