Pengembangan media bimbingan islami berbasis terapi realitas untuk meningkatkan motivasi belajar anak di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurrafida, Tsania (2022) Pengembangan media bimbingan islami berbasis terapi realitas untuk meningkatkan motivasi belajar anak di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tsania Nurrafida_B93218172.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan Media Bimbingan Islami Berbasis Terapi Realitas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan proses uji coba produk buku rahasia kesuksesan untuk meningkatkan motivasi belajar pada anak. Untuk mendeskripsikan kedua persoalan itu, peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan atau research and development. Dengan pendekatan kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Media buku rahasia kesuksesan dikembangkan melalui sepuluh tahapan, yaitu: (a) potensi dan masalah berisi assesment peneliti melalui wawancara kepada dua orang, observasi kegiatan belajar siswa; (b) pengumpulan informasi mengenai media buku yang dikembangkan, berisi penentuan nama buku rahasia kesukjsesan, ditujukan pada anak-anak sekolah dasar, bermanfaat untuk membantu meningkatkan motivasi belajar, berisi materi tentang langkah-langkah meningkatkan motivasi belajar, dan dikembangkan di Desa Bangsri, Kec.Sukodono, Kab.Sidoarjo; (c) desain produk awal setelah konsep media buku rahasia kesuksesan terbentuk; (d) validasi produk oleh tiga orang ahli sesuai kriteria yang telah ditentukan dan menyatakan bahwa desain awal buku rahasia kesuksesan layak untuk dikembangkan; (e) revisi produk dari ketiga ahli mengenai kekurangan dari desain awal; (f) uji coba lapangan terbatas kepada tiga orang anak yang ditentukan secara random dengan kriteria kisaran usia 11-14 tahun; (g) revisi produk dari uji coba lapangan terbatas diambil dari pertanyaan yang muncul selama penyampaian buku rahasia kesuksesan; (h) uji coba lapangan sebenarnya kepada enam orang anak sebagai konseli sebenarnya dalam penelitian ini; (i) revisi produk dari uji coba lapangan sebenarnya yang menunjukkan respon relatif positif, sehingga tidak banyak perbaikan dilakukan peneliti; (j) hasil uji coba produk yang merupakan buku final dan siap untuk dicetak. Dan (2) Proses uji coba produk terhadap konseli yaitu siswa-siswi sekolah dasar. Berasal dari populasi anak-anak di Desa Bangsri dengan sampel kisaran usia 11-14 tahun yang memiliki tingkat motivasi belajar rendah. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali, pertama uji coba terbatas dan kedua uji coba sebenarnya. Uji coba terbatas melibatkan tiga orang anak secara umum yang didapatkan secara random dengan kisaran usia 11-14 tahun. Sedangkan uji coba sebenarnya melibatkan enam orang anak dengan tingkat motivasi rendah yang didapatkan melalui hasil penyebaran angket menggunakan teknik sampel berdasarkan wilayah. Proses uji coba terbatas maupun sebenarnya juga menggunakan pemberian angket diawal sebagai pretest dan di akhir sebagai postest yang membuktikan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar dari sasaran uji coba. Oleh karena itu, dari proses pengembangan dan uji coba produk media bimbingan islami yaitu buku rahasia kesuksesan, didapatkan hasil bahwa buku tersebut layak untuk digunakan setelah melalui beberapa revisi atau perbaikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurrafida, Tsaniatsanianurrafida2@gmail.comB93218172
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwatah, Suwatah--2115126401
Subjects: Bimbingan
Motivasi Belajar
Keywords: Media Bimbingan Islami; Terapi Realitas; Motivasi Belajar Anak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Tsania Nurrafida
Date Deposited: 15 Apr 2022 05:07
Last Modified: 15 Apr 2022 05:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52852

Actions (login required)

View Item View Item